Eropa

Rusia Akan Memperluas Hubungan Perdagangan dengan Indonesia

Jum’at, 11 Agustus 2017 – 08.04 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RUSIA – Hubungan baik Rusia di Asia Tenggara tidak terbatas pada sekutu tradisionalnya Vietnam maupun hubungannya yang berkembang dengan Filipina di bawah Presiden Rodrigo Duterte. Kemitraan dagang Rusia di kawasan ini semakin mencakup Indonesia, sebuah negara dengan potensi ekonomi yang sangat besar dan sebuah negara yang berada di ujung selatan China One Belt-One Road. (Baca: Denny Siregar: Rusia dan Indonesia, Reuni Saudara Tua)

“Rusia mendukung inisiatif Indonesia untuk memasuki perundingan mengenai pembentukan zona perdagangan bebas dengan Eurasian Economic Union (EAEU), Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada hari Rabu.

“Indonesia menunjukkan ketertarikan untuk memulai negosiasi menciptakan zona perdagangan bebas dengan serikat ini (EAEU). Proposal yang relevan telah diperkenalkan dan sekarang sedang dipertimbangkan. Rusia mendukungnya,” kata Lavrov dalam tindak lanjut negosiasi dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Baca: Dubes Rusia: Terima Kasih Indonesia)

Lavrov juga mendiskusikan dengan Retno Marsudi gagasan untuk memperluas kontak EAEU dengan melibatkan serikat pekerja dalam pertemuan negara-negara anggota Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Pada hari Jumat, seorang sumber kementerian Rusia mengatakan kepada Sputnik bahwa pada bulan Mei, Indonesia menawarkan untuk membentuk sebuah kelompok yang didedikasikan untuk memeriksa kemungkinan kesepakatan perdagangan bebas.

Pada bulan Januari 2016, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan bahwa Indonesia dan EAEU dapat memasuki perundingan mengenai mengenalkan zona perdagangan bebas, namun juga menyebutkan bahwa masalah tersebut memerlukan pemeriksaan bersama yang terperinci dengan negara anggota EAEU. (Baca: SERIUS! Rusia Buka Kantor Perwakilan Diplomatik untuk ASEAN di Jakarta)

Eurasian Economic Union adalah blok yang dipimpin Rusia, terdiri dari Rusia, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Belarus dan Armenia, dan bertujuan untuk mengembangkan hubungan ekonomi intraregional dan menciptakan arus barang bebas di antara para anggotanya”.

Meningkatnya integrasi Uni Ekonomi Eurasia dengan Jalan Satu Belt-One China merupakan prioritas bagi Moskow. Potensi membuka EAEU ke Indonesia akan menjadi langkah penting menuju arah ini dan juga pertanda bahwa kepentingan ekonomi Rusia yang semakin beragam terletak di semua wilayah di Asia dan bukan di barat. (SFA)

Sumber: The Duran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: