Fokus

Rouhani: Kerjasama Iran-Indonesia Bermanfaat Bagi Perdamaian di Kawasan

Jum’at, 16 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan beberapa pertemuan dengan para petinggi negara Iran. Presiden Iran Hassan Rouhani kemudian menyebut hubungan kedua negara akan amat bermanfaat untuk masa depan. (Baca: Pemimpin Tinggi Iran: Kemajuan Indonesia Adalah Sumber Kebanggaan Umat Islam)

“Tentu saja kami melihat hubungan antara kedua negara besar Iran-Indonesia merupakan hubungan yang sangat penting. Kedua negara Islam, kedua negara yang salah satunya terletak di bagian timur tengah dari Asia dan negara lainnya di bagian selatan dari Asia,” ungkap Rouhani usai bertemu Jokowi di Istana Sa’dabad, Teheran, Iran, Rabu (14/12/2016).

Banyak kerjasama yang dijajakan oleh kedua negara. Ada 4 nota kesepahaman yang diteken dan ini menandakan babak baru hubungan Indonesia dengan Iran.

“Saya tidak ragu bahwa perluasan hubungan Iran-Indonesia bukan hanya membawa manfaat bagi kedua pihak tapi akan membawa manfaat bagi kawasan, dan membawa perdamaian serta stabilitas keamanan bagi kawasan kedua negara,” tutur Rouhani. (Baca: Indonesia-Iran Sama-sama Berkomitmen Bela Rakyat Palestina)

Iran berada di kawasan Timur Tengah, berbatasan dengan Iraq dan Afghanistan. Sementara Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara.

Jokowi dan Rouhani juga membicarakan tentang penyelesaian konflik di Timur Tengah dan Myanmar. Indonesia akan mengedepankan dialog dalam penyelesaian konflik. “Indonesia kembali menekankan pentingnya pendekatan dialog secara damai dalam menyelesaikan berbagai konflik di berbagai kawasan baik di Timur Tengah, Suriah, Yaman dan juga Myanmar,” kata Jokowi. (SFA)

Sumber: DetikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: