Internasional

Rombakan Besar Kabinet Baru Pemerintahan Bashar Assad

Senin, 04 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Presiden Suriah Bashar al-Assad telah mengeluarkan keputusan untuk merombak kabinet dari unsure tertentu di tengah upaya yang tengah dilakukannya untuk meningkatkan perekonomian negara Arab yang dilanda perang itu, seperti dilansir oleh PTV (03/07).

Kabinet baru, yang diumumkan pada hari Minggu, termasuk tokoh-tokoh kunci sebelumnya seperti Menteri Luar Negeri Walid al-Moallem dan Menteri Dalam Negeri Ibrahim al-Shaar. (Baca: Friedman: Ide Gulingkan Bashar Assad adalah Sebuah Gagasan Gila)

Menteri Pertahanan Fahd Jassem al-Freij masih dipertahankan jabatannya, sementara Adib Mayalleh mantan gubernur bank sentral, ditunjuk sebagai menteri ekonomi dan perdagangan luar negeri.

Mayalleh dikenal di Suriah atas usahanya dalam mengangkat mata uang lokal setelah penurunan tajam terhadap dolar AS dalam beberapa tahun terakhir.

Reshuffle dilakukan setelah dua bulan pasca pemilihan parlemen. Assad menunjuk Menteri Penerangan Imad Khamis pada tanggal 22 Juni menjabat sebagai Perdana Menteri, dan membicarakan dengan PM baru tentang pembentukan perombakan pemerintahan baru. (Baca: Salah Kaprah Tentang Perang dan Mujahidin di Suriah)

Perubahan dalam pemerintahan datang ketika Suriah yang saat ini masih bergulat dengan perang melawan teroris, terutama di daerah timur dan timur laut. Suriah menyalahkan negara-negara asing dalam hal ini, perang ini telah merugikan negara lebih dari USD 200 miliar. Assad dan para pejabat lainnya telah membahas masalah reshuffle sebagai sebuah langkah besar untuk meningkatkan perekonomian Negara yang saat ini sedang dilanda bencana perang.

Pemerintah Damaskus masih menguasai sebagian besar wilayah Suriah, sementara pihak militer yang didukung oleh sekutunya, telah berhasil mengusir kelompok-kelompok teror dari pusat-pusat kota di wilayah di utara dan timur Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: