Eropa

Riyadh Haddad: Turki Ciptakan Dua Kelompok Teroris Baru di Suriah

Kamis, 06 April 2017 – 07.12 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Duta besar Suriah untuk Moskow, Riyadh Haddad pada hari rabu (05/04) mengungkapkan bahwa saat ini Turki sedang berusaha untuk menciptakan dua kelompok teroris baru di Suriah. (Baca: Analis: Turki dan AS Tak Ada Niat Perangi Teroris di Suriah)

Haddad mengatakan bahwa Ankara saat ini sedang berusaha membentuk dua kelompok teroris baru yang beranggotakan militan kelompok ISIS dan Jabhat Fath al-Sham akan tetapi dengan menggunakan nama yang baru.

Haddad mengatakan kepada kantor berita Sputnik bahwa “hal berbahaya yang mereka lakukan di tanah kami adalah menciptakan dua kelompok teroris baru”. (Baca: Tentara Turki Terang-terangan Dukung Teroris ISIS)

Ia menambahkan bahwa “meskipun mereka memiliki nama baru, hal ini tidak berarti bahwa mereka berbeda dengan organisasi teroris lainnya”.

Duta besar Suriah ini mengatakan bahwa kelompok teroris baru ini terdiri dari anggota kelompok teroris ISIS dan Jabhah Fath al-Sham, dan prinsip-prinsip mereka pun sama dengan sebelumnya.

Haddad menambahkan bahwa “Turki telah menjanjikan gaji sebesar 400 dolar setiap bulannya dan militan baru yang direkrut dalam kelompok-kelompok ini semuanya berkebangsaan Turki”

Selain itu, Haddad mengungkapkan bahwa Ankara telah mengambil keuntungan dari keringnya sungai Afrin dan memindahkan kawat berduri yang memisahkan perbatasan ke dalam wilayah Suriah untuk menggerogoti wilayah-wilayah Suriah yang diduduki seluas 15 km persegi, seperti dilansir Mepanorama (05/04). (Baca: Kepala Staf Turki Bocorkan Keterlibatan Erdogan Bantu ISIS Kuasai Mosul)

Ia juga mengkritik Ankara yang tidak kunjung menarik pasukannya dari wilayah Suriah yang saat ini tersebar di utara kota al-Bab, bahkan lebih dari itu Ankara yang bekerjasama dengan faksi-faksi teroris yang bersekutu dengannya di kawasan tersebut, meraka sedang berusaha untuk membangun sebuah kota disana, hali ini jelas menunjukkan penolakannya untuk menarik pasukannya dari wilayah Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: