Headline News

Ribuan Warga Manbij Turun Jalan Protes Atas Kesepakatan AS-Turki

Demo Warga Manbij Suriah

SURIAH – Sejumlah besar orang di kota Manbij di timur laut Aleppo turun ke jalan-jalan untuk menunjukkan oposisi terhadap kesepakatan yang dicapai oleh AS dan Turki atas kontrol bersama kota tersebut, seperti dilansir FNA (20/06).

Kantor berita Kurdi melaporkan bahwa ribuan warga sipil di Manbij turun ke jalan dan berkumpul di alun al-Batlah di pintu masuk timur kota.

Baca: Kurdi Beberkan Rencana AS Kirim Militer Arab ke Suriah

Kabar Hawar melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemberontakan rakyat tersebar di seluruh bagian Tengah kota, dan menambahkan bahwa para demonstran mengutuk perjanjian yang dicapai oleh tentara Amerika dan Turki atas kota Manbij. Para demonstran lebih lanjut menyerukan pengusiran para agresor dari wilayah Suriah, kata berita Hawar.

Sebelumnya Suriah mengecam keras kehadiran pasukan Turki dan AS di sekitar kota Manbij, sehari setelah tentara kedua negara memasuki pinggiran kota, titik nyala sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai antara Ankara dan Washington, yang konon untuk mengeluarkan milisi Kurdi dari Manbij dengan aman.

Baca: Komandan Kurdi: AS Akan Cegah Tentara Turki Masuk di Manbij Suriah

“Suriah mengekspresikan kecaman keras dan penolakan mutlak atas serbuan pasukan Turki dan Amerika di sekitar Manbij, yang datang dalam konteks agresi Turki dan Amerika yang terus berlanjut,” kantor berita resmi Suriah, SANA, mengatakan, mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dari Kementerian Luar Negeri negara itu.

Pejabat itu menambahkan bahwa setelah pencapaian berturut-turut terhadap berbagai kelompok teror, rakyat Suriah dan pasukan bersenjata mereka yang gagah berani “lebih tegas dan teguh daripada sebelumnya untuk membebaskan seluruh tanah Suriah dari unsur asing dan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorial”.

Baca: AS Tolak Permintaan Turki untuk Tinggalkan Manbij Suriah

Pernyataan itu datang hanya sehari setelah koalisi pimpinan AS dan pasukan Turki memulai patroli yang independen tetapi terkoordinasi di sepanjang garis demarkasi dekat kota Manbij saat merencanakan patroli bersama di masa depan, dengan mengutip siaran pers Komando Sentral AS. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: