Headline News

Ribuan Tentara Irak Grebek Pertahanan Teroris di Pinggiran Mosul

Minggu, 26 Februari 2017 – 06.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, IRAK – Pasukan Irak membuat keuntungan lebih lanjut terhadap kelompok teroris ISIS Takfiri di barat Mosul, setelah puluhan ribu pejuang menggrebek pertahanan para ekstremis untuk mengusir mereka dari kota utama yang diduduki.

Komandan Federal Polisi Iraq, Letnan Jenderal Raed Shaker Jawdat kepada televisi al-Sumaria, mengatakan bahwa tim respon cepat Irak telah berhasil mendapatkan kembali kendali penuh daerah Hawi al-Jawsaq di pinggiran barat Mosul pada hari Sabtu pagi.

Pada hari itu, media biro Unit Mobilisasi Populer -yang lebih dikenal dengan Hashd al-Shaabi- mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejuang pro-pemerintah, yang didukung oleh berbagai brigade tentara dan jet tempur dari Angkatan Udara Irak, telah membebaskan delapan desa dan memperluas seluas 40 kilometer persegi di barat Mosul.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pejuang Hashd al-Shaabi mendirikan kontrol penuh atas desa-desa al-Aziziyah, Tal al-Zalat, Umm al-Masayid, Greater al-Abra dan empat lainnya di dekat kota Tal Afar, yang terletak 63 kilometer dari barat Mosul.

Laporan itu lebih lanjut mencatat bahwa sebanyak 1.200 warga sipil telah dibebaskan pasca operasi.

Para pejuang Hashd al-Shaabi juga menghancurkan tujuh bom mobil, dan menyita peralatan militer dan beberapa senjata dari ekstremis ISIS, yang melarikan diri dari daerah tersebut.

Sementara itu, Shifa Gardi, koresponden untuk jaringan televisi berita Rudaw Kurdi-Irak, telah tewas saat meliput bentrokan intens antara pasukan Irak dan teroris ISIS.

Dia kehilangan nyawa dalam ledakan bom di pinggir jalan Mosul pada Sabtu sore, dan juru kamera nya Younis Mustafa terluka dalam serangan yang sama. Ia dipindahkan ke Erbil, ibukota terdekat dari wilayah otonomi Kurdi Irak, di mana saluran televisi tempat ia bekerja bermarkas.

Rudaw menjelaskan Gardi 30 tahun sebagai salah satu jurnalis yang paling berani dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di media sosial. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: