Headline News

Ratusan Teroris Dievakuasi dari Distrik Al Waer, Homs

Minggu, 19 Maret 2017 – 11.41 Wib,

SALAFYNEWS.COM, HOMS – Ratusan teroris yang menolak untuk meletakkan senjata mereka dan mengambil bagian dalam perjanjian damai dengan pemerintah Suriah, telah meninggalkan distrik al-Waer di provinsi Homs.

Menurut laporan, kelompok pertama yang terdiri dari 300 militan dan 1.065 warga sipil, telah meninggalkan lingkungan al-Waer, menuju pedesaan timur laut Aleppo.

Aktivis sosial media melaporkan 30 bus tiba pada Sabtu pagi di al-Waer, yang terletak di provinsi Homs, dalam rangka untuk mengangkut warga yang akan dievakuasi. Foto yang dipublikasikan secara online, menunjukkan militer Rusia mengawal dan membantu jalannya evakuasi. Kabarnya, mereka akan ditempatkan di sebuah lingkungan setelah semua teroris meninggalkannya.

This slideshow requires JavaScript.

Berdasarkan perjanjian, Angkatan Darat Suriah dan kelompok-kelompok teroris di wilayah ini, yang berjumlah sekitar 1500-2000 militan harus ditransfer ke Jerablus yang terletak di bagian timur Aleppo.

Tahap berikutnya dari perjanjian akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan.

Pada hari Selasa, Gubernur Jenderal provinsi Homs, Talal Barazi mengatakan bahwa militan yang menolak meletakkan senjata mereka dan bergabung dengan perjanjian perdamaian, akan dievakuasi dari al-Waer segera.

Dia juga mencatat bahwa evakuasi dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 18 Maret, yang akan diadakan dalam beberapa tahap di bawah pengawasan pasukan militer dan Palang Merah. Barazi mengatakan bahwa operasi evakuasi akan memakan waktu 6-8 minggu, dan menambahkan bahwa 500 militan dan anggota keluarga mereka akan meninggalkan al-Waer dalam setiap tahapan evakuasi.

Provinsi Homs memiliki kepentingan strategis untuk Angkatan Darat Suriah dan pemerintah negara itu, karena menghubungkan provinsi-provinsi utara ke selatan. Militer sepenuhnya akan memotong jalur komunikasi yang paling penting antara teroris, yang ditempatkan di bagian selatan Suriah, dan rekan-rekan mereka di bagian utara negara itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: