Headline News

Ratusan Militan Mulai Dievakuasi dari Pinggiran kota Damaskus

Selasa, 09 Mei 2017 – 10.27 Wib,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Ratusan militan yang didukung asing mulai dievakuasi dari kota Barzeh yang terkepung di bawah sebuah kesepakatan yang dicapai dengan pemerintah Suriah.

Televisi Ekhbariya yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa evakuasi militan dari Barzeh ke daerah-daerah yang dikontrol militan di provinsi barat laut Idlib telah dimulai pada hari Senin.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa bus telah tiba untuk mengangkut militan dan anggota keluarga mereka keluar dari Barzeh saat fajar menyingsing, dan menambahkan ratusan dari mereka telah mulai menaiki kendaraan tersebut.

Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa lebih banyak militan yang akan meninggalkan pinggiran kota selama beberapa hari mendatang sebagai bagian dari kesepakatan yang sama.

Distrik flashpoint Barzeh, yang terletak di timur laut Damaskus dekat Ghouta Timur yang dikuasai militan, telah menyaksikan pertempuran sengit antara militan Takfiri dan pasukan Suriah dalam beberapa bulan terakhir.

Militan biasanya menggunakan terowongan bawah tanah atau tembakan artileri untuk menyerang sasaran di ibukota Suriah.

Kelompok pemantau tersebut juga mengatakan tentara Suriah maju ke distrik Qaboun, yang berdekatan dengan Barzeh di daerah kantong yang sama.

Secara terpisah, sebuah unit media militer yang dijalankan oleh Hizbullah Libanon mengatakan pada hari Senin bahwa beberapa ambulans bulan sabit merah telah tiba di kota-kota Suriah di Foua dan Kefraya, yang berada di bawah pengepungan militan, untuk mengevakuasi penduduk tersebut.

Dua kota di Idlib merupakan bagian dari kesepakatan evakuasi bersama antara pemerintah Damaskus dan kelompok militan pada bulan Maret yang melibatkan evakuasi Zabadani dan Madaya di Rif Damaskus.

Kota-kota Zabadani dan Madaya dikelilingi oleh pasukan pro-pemerintah.

Evakuasi merupakan bagian dari upaya rekonsiliasi pemerintah Suriah untuk menjamin kehidupan sipil setelah serangkaian serangan kimia dan lainnya yang misterius.

Dalam beberapa bulan terakhir, ratusan militan telah memberikan senjata dan menyerah kepada tentara Suriah di bawah kesepakatan semacam itu. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: