Fokus

Qatar dan SAUDI Pengimpor Senjata Terbesar di Dunia

Rabu, 22 Februari 2017 – 08.01 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Perdagangan senjata global berkembang ke tingkat tertinggi sejak akhir Perang Dingin, menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI). Sedangkan impor senjata ke Timur Tengah meningkat 86 persen selama lima tahun terakhir (2012-2016), dan 29 persen dari impor global. (Baca: Buntut Perseteruan dengan Saudi, Mesir Diserang Teror Oleh Qatar, Turki dan Ikhwanul Muslimin)

Arab Saudi menjadi pengimpor senjata terbesar kedua di dunia selama jangka waktu tersebut, meningkat dari 212 persen antara periode  2007 hingga 2011. Sebagaimana meningkatnya impor senjata Qatar hingga 245 persen. (Baca: Setelah Saudi, UEA Beli Senjata Senilai 1,2 Miliar Dolar AS Untuk Sikat Yaman)

Peter Weissman, Pengamat senior urusan senjata di bidang Institute dan pengeluaran militer, mengatakan “Selama lima tahun terakhir, sebagian besar negara di Timur Tengah pergi ke Amerika Serikat dan Eropa untuk membeli peralata perang. Mereka berlomba-lomba menempati posisi pertama dalam kemampuan militer. (Baca: Boris Johnson Diam-diam Setujui Penjualan Senjata ke Saudi Untuk Sikat Yaman)

Meskipun harga minyak turun, negara-negara Teluk Persia terus meminta lebih banyak senjata pada 2016, dan berusaha mendapatkan senjata untuk menangani konflik regional dan ketegangan yang tejadi”. (SFA/CNN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: