Headline News

Qassem Soleimani: Kemenangan Mosul untuk Seluruh Dunia

Selasa, 11 Juli 2017

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Jenderal bayangan Qassem Soleimani memuji bangsa Irak yang telah berhasil mengalahkan teroris ISIS Takfiri di Mosul sebagai kemenangan besar dalam perang melawan terorisme.

Komandan Pasukan Quds, Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) membuat pernyataan tersebut dalam sebuah upacara pada hari Senin. Dia kemudian menegaskan bahwa ISIS adalah salah satu entitas paling berbahaya yang pernah dihadapi dunia, Tasnim News melaporkan.

“Fenomena gelap dan jahat yang disebut ISIS telah menyebabkan kerusakan besar pada dunia Islam,” tambahnya.

Soleimani lebih jauh memuji pejuang sukarela dari Unit Mobilisasi Populer, yang biasa dikenal dengan nama Arab  Hashd al-Sha’abi, atas kerja keras mereka mengusir ISIS dari Mosul.

Soleimani berbicara dalam sebuah upacara untuk memperingati gugurnya Sha’aban Nasiri, yang terbunuh sekitar empat puluh hari yang lalu di barat Mosul saat memerangi para teroris.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan, dan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran (SNSC) Ali Shamkhani juga telah mengirimkan ucapan selamat kepada pemerintah Irak, angkatan bersenjata dan negara atas kemenangan mereka.

Sebelumnya, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi secara resmi mengumumkan kemenangan pasukan Irak atas kelompok teroris ISIS Takfiri.

Tentara Irak dan pejuang relawan dari Hashd al-Sha’abi telah melakukan serangan terhadap ISIS sejak meluncurkan operasi Mosul pada 17 Oktober 2016.

Pasukan Irak menguasai Mosul timur pada Januari setelah 100 hari pertempuran, dan melancarkan pertempuran di barat pada 19 Februari.

Diperkirakan 862.000 orang telah mengungsi dari Mosul sejak pertempuran merebut kembali kota tersebut dimulai delapan bulan lalu. Sebanyak 195.000 warga sipil juga telah kembali, terutama ke wilayah yang telah terbebas dari cengkeraman ISIS di Mosul timur. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: