Eropa

Putin Tawarkan Kerjasama Lawan Terorisme Kepada Afghanistan

Minggu, 24 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan kesiapannya untuk memerangi teroris bersama dengan Afghanistan setelah serangan mematikan yang menargetkan ibukota Afghanistan, Kabul.

Putin membuat pengumuman dalam pesan belasungkawa yang dikirim ke timpalannya dari Afghanistan Ashraf Ghani, pada hari Sabtu.

“Kepala negara Rusia mengecam keras kejahatan keji yang dilakukan terhadap warga negara yang damai dan menegaskan kesiapan untuk melanjutkan kerjasama yang paling aktif dengan pihak berwenang dan masyarakat Afghanistan dalam memerangi segala bentuk terorisme,” membaca bagian dari surat yang diterbitkan dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Kremlin.

Putin juga menyuarakan simpati dan dukungan kepada keluarga korban dan berharap yang terluka segera cepat sembuh.

Sebelumnya, ledakan kembar menargetkan demonstrasi jalanan di Kabul, di mana ribuan demonstran sedang berkumpul dalam aksi protes terhadap proyek listrik kontroversial.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Afghanistan 83 orang tewas dan 260 lainnya terluka dalam serangan yang diklaim oleh ISIS.

Amerika Serikat juga mengutuk serangan tersebut, dan menawarkan bantuan kepada pemerintah Afghanistan untuk penyelidikan atas insiden tersebut.

“Para korban yang tidak bersalah hari ini … sedang menggunakan hak konstitusional mereka untuk demonstrasi damai,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby. “Para pembunuh yang bertanggung jawab atas pertumpahan darah ini tidak mewakili masa depan Afghanistan dan tidak akan menang.”

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan telah mengeluarkan pernyataan yang melarang pertemuan umum apapun alasannya selama 10 hari ke depan.

Ghani juga telah menyatakan hari Minggu sebagai hari berkabung nasional selama pidato yang disiarkan televisi nasional negara itu.

“Saya berjanji saya akan membalas dendam terhadap pelaku,” katanya. “Saya telah memerintahkan Jaksa Agung untuk mendirikan sebuah komisi untuk menyelidiki insiden ini”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: