Internasional

Putin Taklukkan PM Israel Terkait Iran dan Suriah

Menlu Rusia dan PM Israel
Menlu Rusia dan PM Israel

TEL AVIV – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyatakan apresiasinya atas pernyataan yang dibuat oleh Presiden Putin dan Trump di Helsinki tentang keamanan Israel, seperti dilansir Arabicrt (23/07).

“Hubungan antara kedua negara ini sangat penting, dan itu sangat jelas selama pertemuan saya dengan Presiden Putin dan kedua tim kami,” kata Netanyahu dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dan Kepala Staf Rusia Anatoly Gerasimov.

Baca: Lagi, Netanyahu Ketakutan Keberadaan Militer Iran di Suriah

Untuk bagiannya, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, “Lavrov dan Gerasimov berdiskusi dengan Perdana Menteri Israel, masalah pengupayaan keamanan di perbatasan Israel.”

Kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan bahwa “Kedua belah pihak membahas masalah penyelesaian antara Palestina dan Israel, sesuai apa yang dibahas di pertemuan antara Presiden Putin dan Netanyahu, serta membahas masalah operasi militer yang dilakukan oleh tentara Suriah di selatan negara itu, dan pengamanan perbatasan Israel, yang merupakan bagian dari pelaksaan ketentuan perjanjian pelucutan senjata yang ditandatangani pada 1974 antara Suriah dan Israel”.

Baca: LUCU, Netanyahu kepada Putin: Iran Ancam Serang Israel

Sementara itu, belum ada pernyataan khusus yang dibuat pada hasil pertemuan ini, menurut Reuters yang mengutip pernyataan dari seorang pejabat Israel yang tidak mau disebutkan namanya, menyatakan bahwa “Israel menolak tawaran Rusia untuk membiarkan pasukan Iran berada 100 kilometer dari perbatasan gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan Suriah.”

Baca: Netanyahu Akui Hubungan “Gelapnya” dengan Negara-negara Arab

Pembicaraan antara pejabat Rusia dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, berjalan sesuai mandat dari Presiden Vladimir Putin. Pada hari Jumat, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membahas perkembangan terakhir dalam krisis Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: