Eropa

Putin ‘Pecat’ Sejumlah Pejabat yang Terlibat Doping

Selasa, 19 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberhentikan sementara pejabat yang disebut dalam laporan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) atas klaim penggunaan doping di tahun 2014 pada Olimpiade Sochi. (Baca: Inilah Hasil Pertemuan “Panas” Putin dan Xi Jinping di Beijing)

“Para pejabat yang disebut dalam laporan Komisi sebagai pelaku langsung akan dihentikan sementara dari jabatan mereka sampai penyelidikan selesai,” kata Putin pada Senin.

Sebelumnya pada hari itu, WADA merilis sebuah laporan di mana ia mengklaim Kementerian Olahraga Rusia terlibat dalam manipulasi sampel doping dengan bantuan dari Keamanan Federal (FSB).

Penyelidikan didasarkan pada tuduhan yang dibuat oleh mantan kepala Laboratorium Moskow Anti-Doping, Grigory Rodchenkov, selama wawancara dengan New York Times. (Baca: Putin: Saya Tidak Akan Tunduk dan Patuh kepada Barat Selamanya)

“Tapi sebelum membuat keputusan akhir kepada pejabat yang dimaksud, kami meminta WADA untuk memberikan laporan yang lebih rinci dan obyektif dari informasi yang didapat berdasarkan fakta-fakta di lapangan sehingga penegak hukum Rusia dan badan investigasi bisa menggunakannya dalam pekerjaan mereka,” kata Putin.

Putin lebih lanjut memperingatkan bahwa klaim doping terhadap atlet Rusia didasarkan pada kesaksian dari “satu orang dengan reputasi skandal.”

Dia juga mencatat bahwa tindakan tersebut merupakan upaya “untuk mengubah olahraga menjadi alat tekanan geopolitik” dan “membentuk citra negatif Rusia di hadapan negara-negara dan masyarakat internasional”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: