Eropa

Putin Bertemu Raja Yordania: Tidak Ada Solusi Militer Untuk Krisis Suriah

Jum’at, 27 Januari 2017 – 08.16 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan optimisme atas penghentian permusuhan di Suriah dan menolak opsi militer sebagai solusi krisis.

Pada pertemuan di Moskow dengan Raja Abdullah II dari Yordania, Putin memuji peran Yordan dalam mendukung upaya-upaya untuk mencapai perdamaian di Suriah. (Baca: Putin: Berikutnya Gencatan Senjata di Seluruh Suriah)

“Melalui upaya bersama, proses ini berkembang atas dasar keputusan penting yang dicapai soal penghentian permusuhan,” tegas Putin sebagimana yang dikutip kantor berita Debka.

Putin menekankan atas prestasi pembicaraan damai Suriah baru-baru ini di Astana, sebagai modal “dasar” untuk perdamaian secara menyeluruh, dan dia mengatakan bahwa semua pihak dalam negosiasi telah sepakat “tidak ada solusi militer terhadap krisis Suriah.”

Raja Abdullah II dalam hal ini, memuji peran Rusia dalam pembicaraan damai, dan mengatakan, “Tanpa Rusia, kita tidak akan dapat menemukan solusi untuk masalah Suriah, bahkan masalah regional lainnya di Timur Tengah”.

Dia juga menyatakan harapan bahwa hasil pertemuan Astana akan membawa “masa depan yang inklusif untuk semua rakyat Suriah”. (Baca: AS Menyesal Telah Gelontorkan Jutaan Dolar ke Yordania Tapi Tak Bisa Kuasai Suriah)

Yordania sendiri telah mendukung pembicaraan Astana, meskipun kebijakan politik mereka berafiliasi dengan sekutu mereka Saudi Arabia.

Arab Saudi dan Qatar, yang telah mengambil bagian dalam pertemuan sebelumnya di Jenewa, berada diantara fitur yang menonjol dari pembicaraan Astana. Namun, pemerintah Suriah telah menyuarakan ketidaksetujuan atas partisipasi Riyadh dan Doha dalam pembicaraan Astana menjelang pertemuan internasional, mengingat dukungan mereka pada militan bersenjata yang telah mendatangkan malapetaka di negara itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: