Eropa

Putin: Assad Tidak Memiliki Peran Apapun dalam Serangan Kimia di Idlib

Rabu, 31 Mei 2017 – 10.07 Wib,

SALAFYNEWS.COM, PARIS – Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan keyakinannya bahwa pasukan Presiden Suriah Bashar Assad sama sekali tidak memiliki peran dalam serangan kimia pada April lalu di provinsi Idlib, yang menggambarkan kejadian tersebut sebagai dalih Barat untuk terus menekan Damaskus. (Baca: Hacker Malaysia Bongkar Dokumen Konspirasi Busuk Serangan Kimia di Suriah)

“Menurut informasi kami, tidak ada bukti bahwa senjata kimia digunakan oleh Assad. Kami yakin bahwa dia tidak melakukannya,” kata Putin dalam sebuah wawancara pada hari Selasa dengan surat kabar Prancis Le Figaro.

Tuduhan tersebut adalah cara untuk “menjelaskan kepada masyarakat internasional mengapa perlu terus menerapkan tindakan untuk menekan Assad, termasuk secara militer,” tambah Putin. (Baca: Serangan Kimia Senjata AS Gulingkan Assad dan Hancurkan Suriah)

Ucapan tersebut disampaikan sehari setelah Presiden Perancis Emmanuel Macron, menyalahkan Assad atas serangan tersebut, dan mengecam penggunaan senjata kimia di Suriah sebagai jalur merah bagi Paris yang akan menghasilkan pembalasan.

Putin mengatakan bahwa dia telah menawarkan untuk mengatur inspeksi lokasi serangan kimia di kota Khan Shaikhoun, namun semua kekuatan utama menolak proposal tersebut. Lebih dari 80 orang tewas dalam serangan gas kimia pada tanggal 04 April di Khan Shaikhoun, yang oleh negara-negara Barat disalahkan pada pemerintah Suriah.

Dengan menggunakan insiden tersebut sebagai dalih, kapal perang AS menembakkan rudal jelajah Tomahawk dari dua kapal perang di Laut Mediterania ke lapangan udara Shayrat di provinsi tengah Suriah, Homs, pada tanggal 7 April. Pejabat AS mengklaim bahwa serangan gas Khan Shaikhoun dicurigai telah diluncurkan dari situs militer tersebut. (Baca: Militer Suriah Bantah Penggunaan Senjata Kimia di Idlib)

Sementara pemerintah Suriah dengan keras menolak menggunakan atau bahkan memiliki senjata kimia sejak mematuhi Konvensi Senjata Kimia yang disertifikasi oleh pengamat internasional pada tahun 2013. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: