Eropa

Putin Akhiri Larangan Rute Penerbangan Moskow-Kairo Sejak 2015

Jum’at, 05 Januari 2018 – 19.38 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri masa larangan rute penerbangan yang menghubungkan antara Moskwa dengan Kairo, Mesir. Pada Kamis (4/1/2018), Putin telah memberikan persetujuan untuk dibukanya kembali rute penerbangan dari kedua ibu kota tersebut.

Baca: Putin: Mesir Tak Bisa Jaga Keamanan Warga Kami

Sebelumnya, Rusia melarang adanya penerbangan yang menuju kawasan di negara Mesir sejak Oktober 2015.

Dikutip dari Times of Israel, larangan tersebut menyusul terjadinya serangan teroris oleh kelompok ISIS yang menyebabkan jatuhnya pesawat di atas Semenanjung Sinai dan menewaskan 224 orang.

Tragedi tersebut menjadi pukulan telak bagi pariwisata Mesir dengan sejumlah negara yang menerbitkan larangan terbang ke negara itu. Otoritas penerbangan Mesir pun terus berbenah demi meningkatkan keamanan di bandara.

Baca: Putin Akan Informasikan Semua Kepada El-Sisi Terkait Pertemuannya dengan Assad

Dan pada Desember 2017 lalu, pejabat perwakilan Mesir dan Rusia bertemu guna membahas peninjauan ulang larangan rute terbang kedua negara.

Hasilnya, kedua belah pihak menandatangani protokol untuk memperbolehkan dimulainya kembali penerbangan langsung dari Moskwa ke Kairo mulai Februari 2018.

Baca: Oliver Stone: Putin 5 Kali Selamat dari Percobaan Pembunuhan

Putin menyetujui perubahan dalam perintah larangan terbang ke Mesir, namun hanya mengizinkan rute terbang menuju Kairo. Sedangkan tujuan lain di negara itu tetap dilarang.

Selain Rusia, pembatasan terbang ke wilayah Mesir juga dilakukan Inggris.

Negara itu melarang penerbangan ke kota Sharm el-Sheikh, salah satu tujuan wisata populer di Mesir yang terletak antara gurun di Semenanjung Sinai dengan laut Merah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: