Eropa

Putin Akan Tepati Janji Berikan Pinjaman Pada Iran Senilai $ 2,5 Milyar

Sabtu, 6 Agustus 2016

SALAFYNEWS.COM, RUSIA – Rusia mengatakan masih berkomitmen atas janji yang telah dibuat untuk memberikan dua pinjaman senilai $ 2,5 milyar kepada Iran.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pinjaman yang dimaksudkan untuk membantu Iran mengembangkan dua proyek yang berhubungan dengan energi utama.

“Rusia bermaksud untuk memberikan dua pinjaman kepada Iran dengan jumlah € 2200000000 [$ 2500000000] untuk membiayai pembangunan pembangkit listrik tenaga termal di dekat kota Bandar Abbas di pantai Teluk Persia dan elektrifikasi dari Garmsar-Ince bagian kereta api di tenggara negara itu,” kata Putin yang dikutip kantor berita AZERTAC dalam sebuah laporan yang juga diliput oleh kantor berita Sputnik.

Presiden Rusia yang akan bertemu rekan Iran-nya Hassan Rouhani di Baku pada tanggal 8 Agustus, menekankan bahwa pinjaman akan diberikan sebagai proyek skala besar bersama di bidang minyak dan gas.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa rencana lain sedang dirancang untuk mengembangkan kerja sama antara kedua negara di industri kedirgantaraan dan tenaga listrik.

Kremlin telah mengumumkan bahwa Putin akan bertemu Rouhani – serta Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev – untuk membahas isu-isu regional serta kerja sama antara tiga negara atas energi dan transportasi.

Menteri Energi Iran Hamid Chitchian pada bulan Februari mengumumkan penandatanganan kontrak dengan Rusia untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga termal dengan kapasitas 1.400 megawatt di kota pelabuhan Iran selatan Bandar Abbas di provinsi Hormozgan.

Proyek ini akan menjadi yang pertama dari paket empat proyek pembangkit termal yang akan di kembangkan di Hormozgan. Kedua negara sebelumnya telah membahas pengembangan dua pembangkit listrik lainnya di Tabriz, di barat laut Iran, dan dua lainnya di Tabas, timur laut Iran. Biaya untuk pembangunan proyek diperkirakan berdiri di atas $ 10 miliar.

Iran dan Rusia pada bulan November lalu juga telah menandatangani perjanjian lain senilai € 1,2 milyar untuk pembangunan jalur kereta, yang menghubungkan tenggara Iran ke perbatasan timur laut dengan Turkmenistan. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: