Afrika

Protes Tuntut Pembebasan Sheikh Zakzaky Terus Berlangsung di Nigeria

Kamis, 15 Juni 2017

SALAFYNEWS.COM, ABUJA – Anggota Gerakan Islam di Nigeria melakukan demonstrasi damai di ibukota Nigeria, Abuja, pada hari Rabu, 14 Juni 2017 sekitar pukul 11:00 waktu setempat. Demonstrasi yang kesekian kalinya itu masih dilakukan untuk menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat pemimpin Gerakan, Sheikh Ibraheem Zakzaky (H) dan istrinya, yang ditahan secara tidak sah Oleh Pemerintah Nigeria sejak Desember 2015.

Sheikh Zakzaky ditangkap oleh militer Nigeria pada tanggal 14 Desember 2015, dalam sebuah penyerbuan di majelis pengajian di rumahnya. Dimana menurut media Premiun Times Nigeria, dalam penyerbuan tersebut Tentara membunuh secara brutal setidaknya 347 anggota majelis Zakzaky.

Sebenarnya Pengadilan Tinggi Federal Abuja pada akhir Desember 2016 telah memerintahkan pembebasan tanpa syarat Sheikh Zakzaky.

Sheikh Zakzaky menuntut pembebasannya, beberapa bulan setelah dia ditangkap dan dipenjarakan tanpa melalui proses pengadilan.

Ia meminta Pengadilan untuk menyatakan bahwa penangkapannya dan penahanan terus-menerus atas dirinya telah melanggar hak asasinya.

Pengacaranya, Femi Falana, mengatakan bahwa pengadilan harus menyatakan bahwa penahanan kliennya yang terus berlanjut tanpa menuntutnya, adalah melanggar hukum.

Menyampaikan vonisnya, Hakim Gabriel Kolawole, menolak pengajuan izin Dinas Keamanan Negara, Tijjani Gazali, bahwa El-Zakzaky ditahan secara hati-hati oleh SSS. Dia mengatakan bahwa keputusan untuk menahan ulama Islam dan istrinya itu demi keselamatan mereka, tidak berdasarkan hukum.

“Saya belum pernah ditunjukkan laporan kejadian atau keluhan yang diajukan oleh warga di sekitar lingkungan bahwa pemohon telah menjadi gangguan bagi lingkungannya,” kata hakim tersebut, menambahkan keputusan pemerintah untuk menahan Zakzaky menimbulkan bahaya besar, dan memberi waktu kepada pemerintah dalam waktu 45 hari untuk segera melepaskan Sheikh Zakzaky.

Sejak saat itu gelombang protes terus menerus terjadi di Abuja, karena sejak putusan pengadilan, pemerintah Nigeria tak kunjung melepaskan Sheikh Zakzaky. Bentrok antara pengunjuk rasa dan militer Nigeria juga kerap terjadi hingga menimbulkan korban tewas dan terluka di kalangan pengunjuk rasa damai. (SFA)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: