Eropa

Program Peretas Jahat “GhostCtrl” di Android yang Menyerupai WhatsApp

Selasa, 25 Juli 2017 – 10.08 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Sebuah program berbahaya kembali ditemukan dalam ponsel-ponsel yang mengusung sistem operasi “Android” dimana program berbahaya ini mampu merekam percakapan telepon dan video secara rahasia. (Baca: Wikileaks Rilis Dokumen Program Spionase CIA Pada Seluruh Ponsel di Dunia)

Menurut surat kabar Inggris “Daily Mail” menyebutkan bahwa program baru ini dari jenis “GhostCtrl”, dan program ini telah menyebar dengan menyamar menyerupai aplikasi-aplikasi Android populer seperti WhatsApp dan Pokemon Go.

Selain itu, program berbahaya ini mampu mencuri data, pesan, kontak telfon, lokasi dan semua informasi yang ada dalam ponsel. Tidak hanya itu, virus ini juga mampu menelisik ke riwayat browser dan bisa menghidupkan kamera dan merekam korbannya serta merekam audio. Program berbahaya ini  juga dapat menutup layar perangkat dan mereset password baru semua ini membuat para hacker bisa memeras pengguna yang terkena dampak berbahaya program ini. (Baca: Ponsel Favorit Teroris ISIS, Ini Alasannya?)

Cara kerja dari program berbahaya ini sangat rapi. Jadi dia akan berwujud sebuah aplikasi palsu sebelum menyerang korbannya. Jika pengguna men-download versi palsu dari aplikasi populer yang terlihat seperti aslinya, saat itu mereka tengah terinfeksi virus. Setelah aplikasi palsu tersebut masuk dan diinstal ke dalam smartphone dia seketika menjadi jahat dan mengambil alih semua fungsi smartphone dengan mencuri data-data penting. Dia juga bisa mencuri semua detail ponsel termasuk versi software hingga informasi WiFi yang sering digunakan. Tentu saja dibalik program ini ada peran hacker yang siap melakukan pengintaian dan peretasan smartphone tersebut.

Selain itu program jahat ini memungkinkan bagi para hacker untuk kemudian memata-matai aktivitas Anda melalui kamera ponsel Anda dan loudspeaker. Kemudian rekaman ini meningkatkan tingkat kejahatan internet. Setidaknya hingga saat ini, GhostCtrl memiliki 3 varian yang sering beredar secara online.

Meskipun demikian, GhostCtrl tidak dapat menyusupi aplikasi-aplikasi resmi seperti WhatsApp melainkan hanya meniru. Ini sangat berbahaya jika anda terbiasa mengunduh aplikasi dari situs-situs non-resmi. Jadi sudah jelas, bahwa kemungkinan besar gerbang pembuka dari virus GhostCtrl adalah sumber-sumber ilegal yang seharusnya tidak memfasilitasi aplikasi-aplikasi Android. (SFA)

Sumber: Arabic.SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: