Amerika

Presiden Amerika Donald Trump Resmi Umumkan Yerusalem Ibukota Israel

Kamis, 07 Desember 2017 – 08.54 Wib,

SALAFYNEWS.COM, AMERIKA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah secara resmi mengumumkan bahwa kota Yerusalem al-Quds yang disengketakan sebagai ibukota Israel, meskipun ada peringatan dari seluruh dunia bahwa langkah tersebut berisiko memicu gelombang kekerasan baru di Timur Tengah.

Baca: Rouhani Kecam Retorika “Bodoh” Donald Trump

Dalam sebuah pidato di Gedung Putih pada hari Rabu (06/12), Trump mengatakan bahwa pemerintahannya juga akan memulai sebuah proses untuk memindahkan kedutaan besar Amerika di Tel Aviv ke kota suci itu, yang diperkirakan akan memakan waktu bertahun-tahun.

“Saya telah menetapkan bahwa sekaranglah saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata Trump. “Sementara presiden sebelumnya telah membuat janji kampanye besar ini, mereka gagal menyampaikannya. Hari ini, saya memberikannya”.

Baca: Analis: Bin Salman korbankan Palestina hanya untuk normalisasi hubungan dengan Israel

Pemimpin AS itu juga mengatakan bahwa Wakil Presiden Mike Pence akan melakukan perjalanan ke Timur Tengah dalam beberapa hari mendatang “untuk menegaskan kembali komitmen kami bekerjasama dengan mitra di seluruh Timur Tengah untuk mengalahkan radikalisme.”

Baca: Netanyahu Akui Hubungan Rahasia dengan Arab Saudi

Meski tidak mengejutkan seorang Trump mampu melakukan hal ini, pengumuman tersebut tetap merupakan peralihan terbesar Washington yang telah beberapa dasawarsa membatalkan kebijakan luar negeri AS pemicu kontroversi itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: