Eropa

Pompeo Ajak Sekutu AS untuk Lakukan Tekanan Ekonomi Terhadap Iran

BRUSSELS – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meminta kepada sekutu Amerika untuk melakukan tekanan ekonomi terhadap Iran, dan menuduh Teheran terus menjual senjata, meskipun sudah ada resolusi PBB.

“Kita harus memotong semua dana yang digunakan Iran untuk mendanai terorisme & perang proxy,” kata Pompeo dalam postingan Twitter menjelang pertemuan yang dijadwalkan dengan perwakilan urusan luar negeri Uni Eropa dan perwakilan kebijakan keamanan, Federica Mogherini, di Brussels.

Pada bulan Mei, Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan multinasional yang mencabut banyak sanksi terhadap Iran sebagai balasan atas pembatasan program nuklirnya. Washington sejak itu mengatakan kepada negara-negara lain bahwa mereka harus menghentikan semua impor minyak Iran mulai 4 November atau menghadapi langkah-langkah keuangan AS, tanpa pengecualian.

Sejak keputusan Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian tersebut, negara-negara Eropa telah berebut untuk memastikan Iran mendapat cukup manfaat ekonomi untuk membujuknya mempertahankan pembatasan nuklir yang diperlukan dalam kesepakatan itu.

Namun sejauh ini telah terbukti sulit untuk mengimbangi dampak sanksi AS, dimana perusahaan-perusahaan Eropa enggan mengambil resiko hukuman finansial AS daripada melakukan bisnis di Iran.

Pompeo, yang menghadiri pertemuan puncak NATO di Brussels terbang dari Abu Dhabi, di mana dia membahas Iran dengan para pemimpin Uni Emirat Arab.

Sebelumnya pada hari Kamis, Trump ditanya pada konferensi pers NATO tentang meningkatnya ketegangan dengan Iran, ia menjawab:

“Saya mengatakan bahwa mungkin ada eskalasi antara kami dan Iran.” Namun, Iran “memperlakukan kami dengan lebih hormat sekarang, daripada yang mereka lakukan di masa lalu,” tambah Trump.

“Saya tahu mereka mengalami banyak masalah dan ekonomi mereka ambruk, tetapi saya akan memberi tahu Anda bahwa pada titik tertentu mereka akan menelepon saya dan mereka akan mengatakan mari membuat kesepakatan. Dan kami akan membuat kesepakatan. Tetapi mereka merasa sangat sakit sekarang,” kata Trump. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: