Fokus

Polri Rilis WNI Simpatisan ISIS yang Masih Hidup & Tewas di Luar Negeri

Selasa, 19 September 2017 – 16.38 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Polri rilis WNI simpatisan ISIS yang masih hidup dan tewas di luar negeri. Setelah tumbangnya jaringan teroris ISIS di Suriah dan Irak yang berimbas ke negara lain seperti Filipina dan beberapa negara yang lain, banyak dari mereka pulang kampung ke negaranya masing-masing. Dan beberapa simpatisan ISIS tersebut berasal dari Indonesia.

Baca: Mantan Pejabat Batam Pulang Bersama 18 WNI yang Kabur dari ISIS di Suriah

Menuru pihak Markas besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) melansir jumlah foreign terrorist fighters (FTF) WNI yang terlibat di Suriah dan Irak hingga Filipina. FTF adalah penyebutan untuk pelaku teror asing yang bertempur di sebuah negara.

Untuk FTF WNI, minimal, jumlah mereka yang terjun di Suriah, Irak, dan Filipina yang berafiliasi dengan ISIS itu sudah tembus di atas angka 500 orang.

“Hingga tahun ini, jumlah dewasa yang terlibat di Suriah dan Irak, pria 239, wanita 104 jadi 343 jumlahnya. Untuk anak-anak, 59 pria, wanita 40 jumlahnya 99. Total anak dan dewasa 442,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Selasa (19/9). Ini masih ditambah yang tewas, ada 95 pria dan 2 wanita atau berjumlah 97.

Lalu ada juga kabar yang belum teridentifikasi yakni pria ada 129, wanita 1 orang, jadi 130 orang. Sedangkan anak-anak yang belum teridentifikasi 2 orang atau total 132 yang belum teridentifikasi.

Baca: WNI di Raqqa Ungkap Kebohongan dan Kekejaman ISIS

“Jadi total seluruhnya, baik yang hidup, tewas, dan belum teridentifikasi, pria ada 524 dan wanita 147. Jumlah seluruhnya 671 untuk Suriah dan Irak,” sambungnya. Kemudian terkait warga negara asing FTF yang masuk ke Indonesia ada 15 pria.

Untuk WNI yang akan masuk Suriah dan Irak tapi bisa dicegah 76 orang pria dan wanita 29 jumlah 105 orang. Lalu warga Indonesia yang sudah sempat berangkat namun dideportasi dari Turki, Malaysia, Singapura ada 310 pria dan 224 wanita atau berjumlah 354 orang.

“Warga Indonesia yang kembali ke Indonesia dari Suriah dan Irak, istilahnya returnis, pria ada 68 orang dan wanita ada 16 orang atau jumlah 84 orang,” sambungnya.

Khusus untuk warga negara Indonesia yang akan berangkat yang digagalkan di Indonesia ada 34 pria dan 33 wanita atau jumlahnya 66 orang. Warga negara asing yang mencoba berangkat ke Suriah dan Irak dari Indonesia namun digagalkan ada 3 orang pria.

Baca: FAKTA SURIAH.. Inilah Kesaksian WNI Berhasil Keluar dari Cengkraman ISIS di Raqqah

Total warga negara Indonesia dan warga negara asing yang terkait FTF di Indonesia ada 1478 orang. Ini adalah data dari Densus 88 dari hasil penyelidikan. Untuk yang terkait Filipina dewasa pria ada 12 orang dewasa wanita ada 1 orang. Jumlah 13 orang dan tidak ada anak-anak.

Warga negara Indonesia yang dikembalikan dari Filipina atau returned pria 5 orang dan wanita 1 orang jumlah 6 orang. WNI yang diduga tewas disana pria 6 orang wanita tidak ada. Sedangkan warga Indonesia yang dideportasi Filipina pria 9 orang wanita tidak ada jadi 9 orang. Jumlah total pria 32 orang wanita dua orang jadi 34 orang. (SFA)

Sumber: Berita Satu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: