Fokus

Polisi Tangkap Petinggi Kader PKS Kalteng Penyebar Ujaran Kebencian

Hate Speech, Ujaran Kebencian
Hate Speech

KOTAWARINGIN – Bukan sekali dua kali kader PKS melakukan ujaran kebencian dengan menggunakan Isu SARA. Baru-baru ini Polisi menangkap pria bernama Agus Sugianto karena menyebarkan berbagai ujaran kebencian melalui akun Facebook miliknya. Agus disebut menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Baca: Muhammad Zazuli Bongkar Jejak Hitam Digital Media Milik Kader PKS

“Benar beberapa waktu lalu anggota Polda Kalteng ada melakukan penangkapan terhadap salah seorang warga Kotim, terkait dugaan ujaran kebencian yang diposting di akun facebooknya,” kata Kapolres Kotim AKBP Muhammad Rommel, saat dihubungi melalui telepon dari Palangka Raya, Kamis, 9 September 2018.

Salah satu dari beberapa ujaran kebencian yang ditulis dan disebarkan pria berumur 35 tahun melalui akun Facebook bernama Agus Sugianto, itu mengandung kebencian etnis dengan kalimat kasar dan menghina kepala negara dengan gambar tidak pantas.

Baca: Eko Kuntadhi: Hancurkan Nasionalisme Cara ISIS, HTI dan PKS Habisi NKRI

Berdasarkan data dihimpun di lapangan, Agus ditangkap di kediamannya di Jalan DI Panjaitan, Gang Tiung Andai, Kabupaten Kotim, Sabtu, 1 September 2018 sekitar pukul 15.30 WIB.

Dalam proses penangkapan yang dipimpin langsung oleh Kanit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Kalteng, AKP Aris Setiyono dan dibantu beberapa anggota Polres Kotim, Agus Sugianto tidak melakukan perlawanan.

Awalnya pria asal Sampit itu dibawa ke Mapolres Kotim. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan secara intens, dia dibawa ke markas Polda Kalteng yang berada di Kota Palangka Raya.

Pria kelahiran Kota Sampit 07/03 1983 itu pun informasinya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut. Bahkan ia juga sudah mendekam di rumah tahanan Polda Kalteng guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baca: ‘Teroris’ dan PKS Benci Jokowi, Ini Penjelasan Denny Siregar

Hasil data yang berhasil dihimpun di lapangan ini telah dicoba dikonfirmasi ke sejumlah pejabat di lingkungan Polres Kotim dan Polda Kalteng. Namun, sampai berita ini ditayangkan, belum ada yang bisa memberikan penjelasan lebih detail.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalteng Kombes Pol Adex Yudiswan saat dihubungi melalui WhatsApp pada pukul 12.54 WIB, sama sekali tidak merespons. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: