Headline News

Polisi Irak Temukan Lebih Puluhan Ton Bahan Kimia di Mosul

Rabu, 05 Juli 2017 – 07.21 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Kepala polisi federal Irak mengatakan bahwa selama operasi pembebasan bagian barat Mosul, 32,5 metrik ton amonium nitrat telah ditemukan. Senyawa ini biasa digunakan sebagai komponen pembuatan bahan peledak. (Baca: Hashd Al-Shaabi Bantah Peran AS Dalam Pembebasan Mosul di Irak)

Menurut dokumen yang dikeluarkan oleh polisi federal, 1,5 ton ditemukan di bagian selatan kota, sementara 31 ton ditemukan di bagian barat kota, yang hampir sepenuhnya dibebaskan dari ISIS.

Pasukan Irak telah membebaskan 21, 220 warga sipil dari penangkaran ISIS, 190 kabupaten kota dibebaskan, seluas 2.604 km2 dari total luas wilayah.

Raed Shakir, kepala Polisi Federal Irak mengatakan kepada Sputnik Arabic bahwa polisi sekarang bersiap untuk mengurangi ukuran struktur mereka. Pengurangan ini akan dimulai setelah pembebasan lengkap Mosul dari ISIS, yang akan diumumkan oleh Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi dalam waktu dekat. (Baca: Lihat Lebih Dekat Produksi Senjata ISIS di Mosul Irak)

Pada hari Minggu, dilaporkan bahwa tentara Irak membunuh setidaknya 79 gerilyawan ISIS sebagai bagian dari operasi yang bertujuan membebaskan bagian barat Mosul hanya dalam waktu 24 jam.

Sebelumnya, polisi federal Irak membebaskan dua wilayah bersama sebuah jembatan di bagian barat kota Mosul dan pasukan Irak berhasil menguasai wilayah di dekat gedung tersebut yang menampung pemerintah Provinsi Niniwe.

Pada 22 Juni, Perdana Menteri Irak Haider Abadi mengatakan Mosul kemungkinan akan dibebaskan dari teroris dalam beberapa hari ini. Mosul telah menjadi markas ISIS di Irak sejak invasi kelompok tersebut dari Suriah pada tahun 2014. (Baca: Perang Sengit Teroris ISIS dengan Pasukan Hashd al-Shaabi di Mosul)

Pada tanggal 18 Februari, Abadi mengumumkan dimulainya operasi untuk membebaskan bagian barat kota tersebut. Pasukan koalisi Irak membebaskan bagian timur pada akhir Januari 2017, dengan pertempuran terus berlanjut untuk menyelesaikan misi tersebut. (SFA)

Sumber: Sputnik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: