Internasional

PM Israel Ingatkan Iran Agar Tak Tutup Selat Bab Al-Mandeb

PM Israel, Netanyahu
PM Israel, Benyamin Netanyahu

TEL AVIV – Ancaman Iran yang akan memblokir Selat Bab el-Mandeb akan secara tegas dikecam oleh koalisi internasional yang melibatkan Israel, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Rabu seperti  dilansir Almasdarnews (01/08).

Baca: Netanyahu: Israel Akan Serang Iran di Suriah

“Jika Iran mencoba untuk memblokir Selat Bab el-Mandeb, saya yakin bahwa ia harus berurusan dengan koalisi internasional yang bertekad tidak akan membiarkan itu terjadi. Koalisi ini akan mencakup Israel dengan semua kekuatan militernya,” kata Netanyahu pada upacara kelulusan di sekolah angkatan laut.

Sebelumnya, Iran memperingatkan tentang kemungkinan memblokir rute pasokan minyak yang melalui Hormuz, yang menghubungkan Teluk Persia dengan Laut Arab. Namun, pihak berwenang Iran tidak menyebut Bab el-Mandeb.

Baca: LUCU, Netanyahu kepada Putin: Iran Ancam Serang Israel

Pernyataan itu mengikuti penghentian operasi militer di Laut Merah oleh Houthi, setelah langkah serupa oleh otoritas Saudi, yang menghentikan transportasi minyak melintasi Selat Bab-el-Mandeb, menghubungkan Laut Merah ke Teluk Aden sampai situasi keamanan di kawasan benar-benar pulih.

Selat Bab el-Mandeb, yang terletak di lepas pantai Yaman, Djibouti, dan Eritrea, menghubungkan Laut Merah dengan Laut Arab. Selat ini adalah salah satu rute utama dunia untuk transportasi minyak mentah dan produk minyak lainnya.

Baca: Perang Iran Vs AS di Selat Hormuz

Tel Aviv berulang kali menyalahkan Teheran atas dugaan kehadiran militer di Suriah dan dugaan pengembangan senjata nuklir, mengklaim bahwa Iran sedang mencoba untuk merusak keamanan Israel.

Teheran membantah tuduhan itu, dan mengklaim bahwa mereka hanya mengirim penasehat militer dan bantuan kemanusiaan ke Suriah. Iran, pada gilirannya, menolak mengakui negara Israel. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: