Internasional

PM Irak: Kami Tidak Butuh Turki Untuk Bebaskan Mosul dari Teroris ISIS

Senin, 17 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Perdana Menteri Irak, Haidar Abadi, menekankan bahwa pertempuran untuk membebaskan kota-kota di Irak dari penguasaan oleh organisasi teroris ISIS harusnya dilakukan oleh kekuatan bersenjata Irak dan tanpa intervensi kekuatan bersenjata asing. Hal ini menjelaskan bahwa Baghdad tidak menginginkan adanya kekuatan asing yang ikut berperang di tanah mereka termasuk pasukan pendudukan Turki. (Baca: Pemimpin Kurdi: Sekarang Saatnya Mosul Dibebaskan)

Abadi mengatakan dalam sebuah konferensi pers yang dikutip kantor berita al-Maloomah (15/10) bahwa ia menginginkan pertempuran untuk membebaskan kota-kota di Irak dari organisasi teroris ISIS dilakukan oleh kekuatan dari dalam dan tanpa adanya campur tangan kekuatan asing. Dan keterlibatan berbagai angkatan bersenjata Irak yang berjuang atas dasar kepentingan nasional dalam berbagai pertempuran di beberapa wilayah Irak menegaskan bahwa Irak sebenarnya tidak butuh pada bantuan kekuatan bersenjata lain.

Abadi mengatakan bahwa seharusnya tidak ada pasukan asing yang bertempur di tanah Irak termasuk pasukan pendudukan Turki, dan ia menyerukan agar Turki segera menarik pasukannya dari wilayah Irak. (Baca: Warga Mosul Berontak Lawan ISIS, 5 Militan Tewas)

Abadi juga menambahkan bahwa Baghdad tidak pernah menjalin kesepakatan yang berkaitan dengan masuknya tentara Turki ke wilayah Irak, Baghdad hanya membuat kesepakatan mengenai pelatihan petugas kepolisian Irak di wilayah Turki namun Turki menentangnya dan melakukan hal sebaliknya. Pernyataan ini jelas menunjukkan bahwa Baghdad sebenarnya tidak pernah mengizinkan pasukan Turki untuk masuk ke wilayah Irak dan ikut serta pada pertempuran untuk membebaskan Mosul dari organisasi teroris ISIS. (Baca: PM Irak; Selama Ada Turki, ISIS Akan Tetap Ada)

Haidar Abadi juga menekankan bahwa pasukan keamanan pemerintah Irak telah memiliki rencana yang sempurna untuk membebaskan Hawija di Kirkuk dari cengkeraman organisasi teroris ISIS. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: