Fokus

Pilgub Jabar, Golkar, Hanura dan PDIP Bentuk Koalisi Nasionalis ‘Pancasila’

Jum’at, 13 Oktober 2017 – 19.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BANDUNG – Suhu Pilgub Jabar semakin memanas, partai Golkar, Hanura dan PDIP menyatakan sepakat bentuk koalisi. Ketiga partai berbasis nasionalis tersebut menamakan bentuk kerjasama yang dibangun dengan nama “Koalisi Pancasila”.

Baca: Gerindra “Tendang” PKS dan Deddy Mizwar-Syaikhu di Pilgub Jabar

Hal itu, ditegaskan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tubagus Hasanudin di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jumat (13/10).

“Kita sudah sepakati ini. Hanura pernah bertemu dengan kita. Sebelumnya Partai Golkar juga. Kita sepakat berkoalisi baik di Kabupaten/Kota maupun di Pilgub Jabar. Kita namakan koalisi ini ‘Koalisi Pancasila,” ujar Anggota DPR RI itu.

Meski sudah memantapkan diri di tingkat Provinsi Jawa Barat, diakui Hasanuddin, poros koalisi ini harus melapor terlebih dahulu ke DPP masing-masing partai. Minggu depan, menurut dia, pelaporan ini akan dilakukan dalam rangka fiksasi di tingkat DPP.

“Hasil dari pertemuan ini akan kita laporkan ke DPP masing-masing. Biarkan DPP masing-masing yang menentukan, apapun hasilnya, kami di tingkat daerah siap memenangkan Pilgub Jawa Barat,” katanya menambahkan.

Baca: Denny Siregar: Kuasai Jabar dan DKI Siasat Gerombolan PKS Sikat Jokowi di Pilpres 2019

Di tempat yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan konstelasi koalisi yang saat ini dibangun bukan atas dasar kepentingan politik. Menurut dia, kesamaan platform ideologi menjadi dasar utama yang mempertemukan ketiga partai ini untuk berjuang demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

“Ukurannya bukan hal yang bersifat politik. Kita membangun koalisi ideologis. Kita tidak ingin sebuah koalisi ini hanya sekedar simbol, harus substantif demi kesejahteraan rakyat Jawa Barat. Makanya kita beri nama Koalisi Pancasila,” tutur Dedi.

Meski tidak dihadiri oleh Partai Hanura, namun Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Juhana mengatakan Partai yang di Jawa Barat dibesut oleh mantan Bupati Garut Aceng Fikri tersebut sudah setuju terkait skema koalisi yang dibangun.

“Hanura sudah setuju kok,” singkatnya. Bergabungnya tiga partai ini menegaskan siapapun nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung, sudah dikatakan memenuhi syarat.

Baca: PANAS! Denny Siregar Kritik Program “Ibadah Kredit” Ridwan Kamil

Pasalnya, PDI Perjuangan memiliki jumlah 20 kursi di DPRD Jawa Barat, Partai Golkar memiliki jumlah 17 kursi kemudian disusul Partai Hanura dengan 3 kursi. Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk mengantarkan pasangan bakal calon untuk bertarung dalam Pilgub Jawa Barat tahun depan. (SFA)

Sumber: RMOL

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: