Internasional

Pesawat Saudi Bombardir Demonstran di Ibukota Yaman

Minggu, 21 Agustus 2016,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Pesawat-pesawat tempur Saudi pada hari Sabtu melanda unjuk rasa di ibukota Yaman, Sana’a, di mana ratusan ribu orang berkumpul untuk mendukung Dewan Politik Agung yang baru dibentuk.

Ratusan ribu warga Yaman berkumpul di Tahrir Square, ketika pesawat Saudi membom jalan di dekat kerumunan orang. Namun, tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan itu, kutip situs berita The Link Yemen.

Dewan Politik Tertinggi adalah koalisi antara gerakan Houthi Ansarullah dan Partai Kongres Rakyat Umum, yang dipimpin oleh mantan presiden Ali Abdullah Saleh. (Baca: Solusi Yaman, Saudi Harus Terima Fakta dan Tuntutan Rakyat Yaman)

Dewan ini dibentuk setelah pembicaraan damai di Kuwait berakhir dan tidak meyakinkan antara Houthi dan delegasi yang didukung oleh Saudi, yang setia dengan Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, presiden yang telah mengundurkan diri dan melarikan diri ke Riyadh.

Serangan udara itu tampaknya dimaksudkan untuk membubarkan kerumunan besar.

Selama demonstrasi di Sana’a para demonstran mengecam legitimasi pemerintahan Hadi. Mereka melambaikan bendera Yaman dan meneriakkan slogan-slogan seperti, “Kami akan mengorbankan jiwa dan darah kami demi Yaman”. (Baca: Saudi Suguhkan Jamuan Penderitaan Bagi Rakyat Yaman)

Para demonstran juga membawa spanduk-spanduk dengan pesan yang bertuliskan dalam bahasa Arab, “Reformasi kekuatan populer yang paling efisien dalam menghadapi musuh.”

Hampir 10.000 orang telah tewas di Yaman sejak akhir Maret 2015, ketika rezim di Riyadh meluncurkan kampanye mematikan terhadap negara miskin dalam upaya untuk menghancurkan Houthi dan memulihkan pemerintahan Hadi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: