Headline News

Pesawat Pengintai & Kapal Perang Israel Kompak Langgar Kedaulatan Lebanon

Kamis, 28 Desember 2017 – 17.41 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LEBANON – Sebuah pesawat pengintai Israel dilaporkan telah melanggar wilayah udara Lebanon di atas kota Yarun, sebagaimana yang dilaporkan kantor berita nasional Lebanon pada hari Kamis (28/12). Sebagaimana yang diketahui, Israel telah sering melanggar wilayah udara Lebanon, dan pelanggaran kedaulatan ini jelaslah tidak bisa diterima dan ditolerir.

Baca: Hizbullah Vs Israel Diambang Perang Lebanon Jilid 3

Komando Angkatan Darat Lebanon telah mengeluarkan pernyataan di mana ia mengumumkan bahwa sebuah pesawat pengintai milik Israel telah melanggar wilayah udara Lebanon di atas kota Yarun pada jam 09.40 waktu setempat.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa pesawat tersebut terbang secara melingkar di atas wilayah-wilayah selatan dan kemudian meninggalkan wilayah udara Lebanon pada pukul 16.30 dari atas kota Kafarkila.

Tidak hanya itu, kapal militer Israel juga dilaporkan menerobos masuk empat tahap di perairan teritorial Lebanon di depan Ras al-Naqoura, sebagaimana yang dilaporkan kantor berita resmi Lebanon pada hari kamis (28/12).

Baca: Pemerintah Lebanon Geram Saat Kapal Israel Masuki Wilayahnya Tanpa Izin

Komando Angkatan Darat Lebanon telah mengeluarkan pernyataan bahwa “kapal militer milik Israel dalam rentang jam 09.55 hingga 11.32 telah melanggar wilayah perairan teritorial Lebanon di depan Ras al-Naqoura dalam 4 tahap, sejauh 595 meter”.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa, “masalah pelanggaran kedaulatan ini telah dikoordinasikan dengan pasukan sementara PBB di Lebanon (UNIFIL)”.

Semenatara itu, Beirut telah berulang kali memprotes pelanggaran wilayah udara Lebanon, perairan teritorial, dan perbatasan yang dilakukan oleh Israel.

Baca: Keamanan Lebanon Tangkap Lima Orang Mata-Mata Mossad Israel

Resolusi DK PBB nomor 1701, yang mengakhiri perang Israel terhadap Lebanon pada tahun 2006, menegaskan bahwa Israel diharuskan menghormati kedaulatan Lebanon dan integritas teritorial negara ini. Namun resolusi itu tak digubris oleh Israel yang didukung penuh Barat, khususnya AS. (SFA)

Sumber: ALM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: