Internasional

Perubahan Turki dan Jaminan Rusia Terhadap Bashar Assad

Selasa, 18 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Daud Gardnar, seorang pengamat Timur Tengah dalam sebuah artikelnya di surat kabar Financial Times, menulis dengan judul “Tendensi Turki terhadap Rusia telah mengubah jalur peperangan ke tanah Suriah”.

Gardner berpendapat bahwa jika dilihat dari dua sisi, sesungguhnya Rusia telah menang karena Rusia berhasil mencapai dua tujuan utamanya yakni menjamin keberlangsungan Bashar Assad sebagai Presiden Suriah yang sah dan membuktikan kemampuan mereka dalam memainkan peran secara regional maupun Internasional sebagai anti-Amerika, sebagaimana yang ditulis Gardner dalam artikel tersebut. (Baca: Blunder Amerika, Uni Eropa dan Turki di Suriah)

Gardner menganalisa peran Ankara di Suriah dengan mengatakan bahwa Turki mendukung kelompok oposisi Suriah selama lima tahun dan membuka negara mereka agar menjadi jalur masuknya para pemberontak ke dalam wilayah Suriah, untuk memerangi presiden Bashar Assad. Namun, saat ini mereka juga membuka negara mereka selebar-lebarnya terhadap Rusia yang merupakan sekutu Assad, begitu juga terhadap Iran pada tingkat yang lebih rendah, terutama setelah upaya kudeta yang terjadi baru-baru ini terhadap pemerintahan Recep Tayyip Erdogan, yang ikut mempengaruhi situasi di wilayah Suriah secara signifikan, terutama kekhawatiran terbesar saat ini bagi Suriah adalah pasukan Kurdi dan upaya untuk mencegah terbentuknya negara Kurdi. (Baca: KEREN.. Iran Akan Hadang Rencana Nakal Arab dan Turki di Suriah)

Gardner juga menyebutkan bahwa upaya kudeta yang terjadi baru-baru ini di Turki adalah titik balik Turki. Moskow dan Iran yang merupakan sekutu Bashar Assad, bergegas mengutuk upaya kudeta tersebut dimana Washington dan beberapa negara Eropa bahkan terlambat mengutuk upaya kudeta ini. Negara-negara ini terlibat perdebatan dengan Ankara mengenai pelanggaran HAM menyusul gelombang besar penangkapan di Turki meskipun di antara mereka adalah anggota NATO. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: