Eropa

Pertemuan Tertutup Putin dan Raja Salman di Moskow

Jum’at, 06 Oktober 2017 – 19.34 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud telah mengadakan pembicaraan tertutup di ibukota Rusia, Moskow, yang dilaporkan membahas isu-isu bilateral dan regional. Perundingan tersebut dilakukan pada hari Kamis dengan partisipasi pejabat Rusia dan Saudi lainnya.

Baca: WOW! Kerajaan Arab Saudi Booking Semua Hotel Mewah di Rusia

“Kami telah mengadakan pembicaraan rinci secara tertutup untuk membicarakan hubungan bilateral dan situasi di kawasan,” kata Putin usai pertemuan tersebut. “Itu adalah percakapan yang sangat berarti, substantif dan rahasia.”

Presiden Rusia juga mengatakan bahwa dia yakin kunjungan Salman akan memberikan dorongan baru bagi pengembangan hubungan bilateral dengan Riyadh. Putin juga menerima undangan dari Raja Saudi untuk berkunjung ke Arab Saudi.

Salman dan delegasinya tiba di ibu kota Rusia untuk kunjungan empat hari, yang dimulai pada hari Rabu.

Saudi dilaporkan telah menandatangani lebih dari 15 perjanjian kerjasama -kontrak energi dan militer multi-miliar dolar- dengan pihak Rusia. Moskow juga telah sepakat untuk menjual sistem pertahanan rudal S-400 yang super canggih ke Riyadh.

Putin dan Salman juga membahas konflik di Suriah, di mana mereka mendukung pihak yang berlawanan. Saudi telah mendukung berbagai militan yang memerangi pemerintah Suriah, sementara Rusia mendukung pemerintah Damaskus yang sah.

Arab Saudi secara resmi menyerukan pengusiran Assad, sementara Rusia mengatakan masa depan Suriah dan masa depan politik Assad seharusnya ditentukan oleh orang-orang Suriah. Meskipun demikian, Salman mengklaim bahwa Riyadh lebih memilih solusi politik untuk konflik di Suriah, menurut sebuah laporan oleh TASS.

Baca: Mengapa Raja Salman Kunjungi Rusia?

“Solusi politik harus menjamin keamanan, stabilitas, kesatuan dan integritas teritorial Suriah,” katanya. Kedua pemimpin tersebut juga membahas pasar minyak dan bagaimana menstabilkan harga. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: