Eropa

Pertemuan Perdana dan Bersejarah Putin-Trump di KTT G20 Jerman

Sabtu, 08 Juli 2017 – 08.50 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JERMAN – Pertemuan perdana dan bersejarah antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Amerika Donald Trump ini adalah pertemuan pertama mereka di sela-sela KTT G20 di Jerman, dan dilaporkan saling bertukar pandangan mengenai serangkaian masalah internasional dan masalah bilateral. (Baca: Amerika dan Rusia Diambang Perang Besar)

Duduk di samping Putin di sela-sela KTT ekonomi di kota Hamburg, Jerman utara, Jumat (7/07), Trump menyuarakan optimisme bahwa akan ada “hal-hal yang sangat positif” untuk hubungan antara Washington dan Moskow, dan bahwa itu adalah “sebuah kehormatan” untuk Putin.

“Kami berharap banyak hal positif terjadi pada Rusia dan Amerika Serikat,” kata Trump.

Presiden AS tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang serangkaian isu yang dibahas antara dia dan pemimpin Rusia, hanya menyebutnya “berbagai hal.”

Putin, berbicara kepada wartawan melalui seorang penerjemah, menyatakan bahwa dia telah membahas konflik yang disponsori Barat di Suriah, bentrokan di Ukraina timur serta perang melawan terorisme dengan Trump. Presiden Rusia kemudian mengatakan bahwa keamanan juga termasuk topik yang dia bahas bersama mitranya dari AS. (Baca: Memanas, Rusia Tantang Amerika ke Suriah)

Gedung Putih mengatakan sebelumnya bahwa pertemuan tersebut awalnya direncanakan berlangsung selama 35 menit, namun berlangsung jauh melampaui itu hingga dua jam dan 16 menit.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Sekretaris Negara AS Rex Tillerson, menggambarkan pertemuan tersebut “sangat kuat dan panjang,” yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Tillerson menambahkan bahwa Trump menekan Putin tentang dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS tahun 2016, sebuah tuduhan yang ditolak pemimpin Rusia.

Briefing reporter di Hamburg setelah pertemuan tersebut, Lavrov mengatakan bahwa Trump setuju dengan Putin bahwa tuduhan campur tangan dalam Pilpres AS terhadap Rusia tidak berdasar.

“Trump menyebutkan bahwa di Amerika Serikat kalangan tertentu masih mengembangkan subjek campur tangan Rusia dalam pemilihan, meskipun mereka tidak memiliki bukti,” kata menteri luar negeri Rusia tersebut.

Trump belum dapat memberikan janji kampanye pemilihannya untuk persiapan bersama dengan Rusia karena penyelidikan yang sedang berlangsung atas tuduhan campur tangan Rusia. (Baca: Rusia; Kesepakatan Kami dengan Amerika Tidak Termasuk Nasib Assad)

Kedua pemimpin “memiliki pertukaran yang sangat kuat dan panjang mengenai masalah ini. Presiden menekankan pada Presiden Putin lebih dari satu kali mengenai keterlibatan Rusia,” kata sekretaris negara AS, dan menambahkan, “Kedua pemimpin sepakat bahwa ini adalah hambatan besar. Dalam kemampuan kita untuk memindahkan hubungan Rusia-AS ke depan.”

Tillerson menambahkan bahwa Trump dan Putin setuju untuk melaksanakan komitmen “tidak melakukan intervensi dalam urusan Amerika Serikat dan proses demokrasi kita dan juga di negara lain.”

Trump, Putin tak mau ‘berhenti’

Sekretaris negara AS juga mengatakan bahwa baik Trump maupun Putin bermaksud untuk menyelesaikan pertemuan tersebut, yang semula dijadwalkan berlangsung selama 35 menit.

Dia menambahkan bahwa pada saat memasuki 80 menit, Sekretaris Gedung Putih mengirim Ibu Negara Melania Trump ke pertemuan tersebut untuk mencoba memecahnya, tapi tidak ada hasilnya, dan pertemuan tersebut berlangsung selama satu jam lagi karena “ada banyak hal yang dapat dibicarakan.”

Sebelumnya pada hari itu, Putin mengatakan bahwa pertemuan tatap muka antara para pemimpin Rusia dan AS penting dalam hal menyelesaikan masalah penting bersama-sama.

“Percakapan telepon tidak pernah cukup pasti,” kata Putin. “Jika Anda ingin memiliki hasil positif dalam hubungan bilateral dan dapat menyelesaikan sebagian besar masalah kebijakan internasional, itu benar-benar memerlukan pertemuan pribadi.” (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: