Internasional

Pertempuran Pembebasan Pantai Kanan Mosul Dimulai

Selasa, 07 Februari 2017 – 04.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, IRAK – Juru bicara relawan Nineveh, Mahmoud al-Surja mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada wartawan Sputnik di Irak pada hari senin (07/02) bahwa waktu untuk memulai pertempuran untuk membebaskan pantai kanan Mosul dari kendali dan penguasaan ISIS telah sangat dekat. (Baca: BANGKRUT! Teroris ISIS Rampas Emas Para Wanita Mosul)

Al-Surja menjelaskan bahwa semua pasukan Irak yang ditugaskan untuk membebaskan pantai kanan Mosul di pusat Nineveh di Irak utara telah menyelesaikan persiapan mereka untuk memulai operasinya. Disebutkan bahwa penentuan waktu untuk memulai operasi berada di tangan komandan umum angkatan bersenjata Irak yang juga merupakan perdana menteri Irak, Haidar al-Abadi

Al-Surja mengungkapkan bahwa pasukan yang akan ikut serta dalam pertempuran ini yakni pasukan anti-terorisme beserta pasukan kelompok kesembilan dan enam belas, polisi federal, serta komite rakyat yang terdiri dari pemuda-pemuda provinsi Nineveh.

Al-Surja juga menyebutkan bahwa koalisi internasional perlawanan terhadap terorisme dipastikan akan mendukung operasi pembebasan pantai kanan Mosul dengan memantau dan mengamankan situasi ketika pasukan keamanan Irak bergerak maju ke wilayah yang dikuasai ISIS, seperti dilansir oleh Arabic.SputnikNews (06/02). (Baca: Pemimpin Senior ISIS Hilang Secara Misterius di Barat Mosul)

Perdana menteri Irak, Haidar al-Abadi telah mengumumkan pada 24 januari 2017 lalu bahwa pasukan Irak telah berhasil membebaskan wilayah pantai kiri Mosul seluruhnya, di mana al-Abadi meminta pasukan gabungan Irak untuk bergerak cepat untuk membebaskan pantai kanan Mosul.

Pasukan Irak telah berhasil membebaskan sebagian besar wilayah di provinsi Nineveh dan membuat organisasi teroris ISIS kalah dan menderita kerugian besar dalam pertempuran yang dimulai sejak 17 oktober 2016 lalu. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Pertempuran Pembebasan Pantai Kanan Mosul Dimulai | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: