Amerika

Perang Urat Saraf Trump dan Kim Jong Un Semakin Memanas

Sabtu, 23 September 2017 – 08.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Perang urat saraf Trump dan Kim Jong Un semakin memanas. Presiden AS Donald Trump mengatakan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, “akan diuji tidak seperti sebelumnya,” sebagai balasan atas ancaman Pyongyang yang akan menguji bom hidrogen di atas Samudra Pasifik.

Baca: John Kelly Tampak Malu Saat Pidato Tak Jelas Trump di Sidang PBB

“Kim Jong-un pemimpin Korea Utara, jelas orang gila yang tidak keberatan kelaparan atau membunuh bangsanya, akan diuji tidak seperti sebelumnya,” Trump dalam tweet-nya pada hari Jumat.

Teriakan Trump terbaru datang satu hari setelah dia memberlakukan sanksi tambahan terhadap Pyongyang. Trump juga men-tweet sejumlah pesan yang memuji pidatonya yang kontroversial di PBB.

Trump memperingatkan Kim dalam sebuah pidato di Majelis Umum PBB pada hari Selasa bahwa Amerika Serikat jika diancam, akan “menghancurkan” bangsa sebesar 26 juta orang.

Hubungan antara AS dan Korea Utara telah memburuk secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, dimana kedua pemimpin terlibat perang kata-kata dan saling caci.

Sebelumnya pada hari Jumat, Kim mengatakan bahwa Trump “gila” dan akan “membayar mahal” karena mengancam untuk menghancurkan negaranya. Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif pada hari Kamis yang menjatuhkan sanksi baru kepada Korea Utara.

Baca: Rouhani Kecam Retorika “Bodoh” Donald Trump

Bulan lalu, ketika kebuntuan antara Korea Utara dan AS mengenai rudal balistik Pyongyang dan program senjata nuklir mencapai puncaknya, Trump mengancam Kim dengan “api dan kemarahan yang belum pernah terjadi di dunia.”

Ancaman Trump kontraproduktif dan membenarkan program senjata nuklir dan rudal Pyongyang diklaim untuk membela diri, menurut analis. Para ahli mengatakan pidato Trump bisa memiliki efek sebaliknya, mengintensifkan situasi yang memburuk di semenanjung Korea. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: