Fokus

Perang Sengit Pasukan SAA dan Suku Melawan Teroris ISIS di Deir Ezzor

Senin, 31 Juli 2017 – 16.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, DEIR EZZOR – Sumber-sumber pro-pemerintah menyatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) dan pasukan kumpulan dari beberapa suku merebut desa-desa di Muqla Saghira, Al-Rabyeh, Joubilly, Salim al-Hammad, Abu Hammad dan Ghanim al-Ali di Tepi Barat Sungai Efrat di Pedesaan Raqqa tenggara. (Baca: Dituduh Khianat, ISIS Eksekusi Puluhan Anggotanya di Deir Ezzor Suriah)

Selanjutnya, SAA dilaporkan maju ke Wadi Al Tarab, Tal Al-Tarab, Al-Rujum, Wadi Al Kharayj dan Wadi Hamamiya dan merebut desa-desa ini di pedesaan barat laut Deir Ezzor.

Pada hari Sabtu, ISIS mengklaim bahwa para anggotanya berhasil mengusir serangan SAA ke desa Ghanim al-Ali,  dimana teroris ISIS diduga menargetkan sebuah pertemuan tentara SAA di dekat Ghanim al-Ali dengan sebuah VBIED. Teroris ISIS juga mengklaim bahwa pesawat tempurnya menghancurkan 3 kendaraan bersenjata SAA dengan ATGMs. (Baca: Operasi Sapu Bersih Suriah Tewaskan Komandan ISIS Asal Jerman)

Sumber-sumber pro-pemerintah menegaskan bahwa SAA menghadapi perlawanan sengit dari teroris ISIS di desa Ghanim Al-Ali sebelum membebaskan desa tersebut pada hari Minggu. Di Deir Ezzor, ISIS menyerang posisi SAA di daerah Al-Makbara, mereka menggunakan tank tempur dalam serangan tersebut, namun SAA berhasil mengusir serangan tersebut.

Sayap media Hizbullah di Suriah juga mengumumkan bahwa SAA telah berhasil menggali parit sepanjang 280 meter di daerah pemakaman di Deir Ezzor. Parit tersebut memotong rute suplai ISIS antara gunung Al-Thardah dan posisinya di daerah pemakaman serta di dalam kota. (Baca: Iran Tembakkan Empat Rudal Balistik ke Posisi ISIS di Deir Ezzor)

Menurut laporan terakhir, SAA saat ini berada sekitar 45 km dari kota Deir Ezzor. Dipercaya bahwa SAA akan menghadapi perlawanan yang lebih kuat dari teroris ISIS setelah merebut kota Sukhna di pedesaan Homs timur dan membasmi mereka di daerah pedesaan Hama timur. ISIS diduga memindahkan puluhan pejuangnya dari Hama dan Homs ke Deir Ezzor untuk mempertahankan posisinya di provinsi kaya minyak itu. (SFA)

Sumber: Southfront

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: