Asia

Perang Dagang China-AS Memanas, Jack Ma Batalkan Janjinya ke Trump

Jack Ma
Jack Ma

CHINA – Bos ritel e-Commerce raksasa asal China Alibaba, Jack Ma mengumumkan pembatalan janjinya ke Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menciptakan satu juta pekerjaan baru di AS. Sikap itu merespons semakin memburuknya hubungan dangang AS-China saat ini.

Baca: Perang Dagang AS Vs China Semakin Memuncak

Dilansir dari CNBC, Kamis 20 September 2018, Ma mengucapkan janjinya tersebut dalam pertemuannya dengan Trump Januari 2017. Atau sebelum Trump dilantik sebagai Presiden AS.

“Janji itu dibuat atas dasar kemitraan yang ramah AS-China dan hubungan perdagangan yang rasional. Janji itu sudah tidak ada lagi hari ini. Jadi janji kita tak bisa dipenuhi,” tegasnya.

Baca: Perang Dagang Turki Vs AS Memanas

Meski demikian, Ma yang baru mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pimpinan Alibaba mengatakan, tidak akan berhenti berkontribusi pada perkembangan perdagangan China-AS yang sehat dan rasional. Sehingga diharapkan hubungan dagang kedua negara dapat kembali pulih.

Pada konferensi investor Alibaba Selasa lalu, Ma berpendapat, friksi perdagangan antara kedua negara merupakan kekacauan yang bisa berdampak selama beberapa dekade ke depan. Hal itu harus diwaspadai berbagai pihak. (SFA/Viva)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: