Asia

Perang Dagang AS Vs China Semakin Memuncak

Pabrik Baja di China
Pabrik Baja di China

BEIJING – Kementerian perdagangan Cina telah mengecam rencana AS untuk mengenakan tarif atas impor tambahan senilai sekitar $ 200 miliar sebagai hal yang benar-benar tidak dapat diterima, dan menjanjikan respon balik untuk membela kepentingan nasionalnya, seperti dilansir Sott (11/07).

Baca: TENDANG DOLAR! Iran Lakukan Transaksi Perdagangan Minyak Hanya dengan Euro

“Pihak China terkejut atas tindakan AS,” menurut pernyataan di situs web kementerian. “Untuk melindungi kepentingan inti negara dan kepentingan mendasar rakyat, pemerintah China akan, seperti biasa, melakukan tindakan balasan yang diperlukan.”

Menyebut tindakan Washington sebagai hal yang tidak rasional, Beijing memperingatkan bahwa AS melukai dirinya sendiri dengan langkah-langkah proteksionis dan serangan konstan terhadap perdagangan bebas. “Pada saat yang sama, kami menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bekerja sama guna menjaga aturan perdagangan bebas dan sistem perdagangan multilateral dan bersama-sama menentang hegemoni perdagangan,” tambahnya.

Baca: Perang Iran Vs AS di Selat Hormuz

Pada hari Selasa, administrasi Trump mengumumkan daftar ekspor Cina senilai $ 200 miliar yang rencananya akan diturunkan dengan tarif 10 persen. Langkah itu akan menjadi langkah lain dalam peristiwa yang disebut Beijing sebagai “perang perdagangan terbesar dalam sejarah ekonomi”. ketika Washington menerapkan tarif 25 persen pada impor Cina senilai $ 34 miliar pada 6 Juli. Cina mengeluarkan langkah-langkah balas dendam dengan nilai yang sama dari impor AS, dan berjanji untuk menanggapi secara proporsional terhadap tarif AS lainnya.

Baca: Analis: Inggris Bantu Israel dan AS Hancurkan Timur Tengah

China bukan satu-satunya negara yang menghadapi konsekuensi kebijakan proteksionis Presiden Donald Trump, sekutu AS yang sudah lama – Uni Eropa dan Kanada – juga dikenai tarif keras untuk impor baja dan aluminium. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Perang Dagang AS-China Semakin Memanas | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: