Headline News

Perang Antar Teroris di Idlib Suriah Kian Memanas

Demonstran Idlib
Demonstran Idlib

SURIAH – Ratusan warga sipil menggelar unjuk rasa protes di Idlib terkait pertikaian diantara kelompok-kelompok teroris dan operasi pembunuhan telah meningkatkan ketidakamanan dan ketakutan di wilayah provinsi tersebut, seperti dilansir FNA (28/06).

Baca: AU Suriah Gunakan Kekuatan Penuh Hajar Teroris di Idlib

Sumber lokal di Idlib melaporkan bahwa lebih dari 500 warga sipil turun ke jalan-jalan kota Idlib di Suriah Utara pada hari Kamis (28/06) untuk memprotes tindakan kelompok teroris atas ketidakamanan yang parah di wilayah tersebut.

Sementara itu, sumber melaporkan bahwa komandan lapangan kelompok teroris Faylaq al-Sham, yang berafiliasi dengan tentara pembebasan Suriah (FSA), bernama Abdollah Batal, tewas setelah sebuah bom diledakkan di mobilnya antara desa Arab Saeed dan Mourin di Barat Idlib.

Baca: Jet Rusia Bumi Hanguskan Markas Militan di Idlib dengan Bom Dahsyat

Laporan lain juga mengatakan bahwa bentrokan berat meletus antara penyerang tak dikenal dengan pasukan keamanan yang berafiliasi dengan Tahrir al-Sham Hai’at (Levant Liberation Board atau Al-Nusra Front) di rumah sakit Pusat Idlib.

Juga, sebuah bom meledak di kota al-Dana di Northern Idlib. Belum ada laporan tentang jumlah korban dan belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu.

Dalam perkembangan yang relevan pada hari Selasa, seorang komandan terkenal Tahrir al-Sham dibunuh oleh penyerang tak dikenal di provinsi Idlib di tengah meningkatnya pertempuran di antara para militan yang bersaing di wilayah itu.

Baca: Suriah kembali Memanas, Militer Rusia Siaga Penuh di Idlib

Penyerang tidak dikenal melepaskan tembakan ke kendaraan Abu Ja’afar al-Janoubi, seorang komandan Tahrir al-Sham yang terkenal jahat, di kota Saraqib, membunuhnya.

Sementara itu, militan Tahrir al-Sham terlibat dalam bentrokan sengit dengan teroris ISIS/ISIL di kota Kafr Nubl di Southern Idlib, menimbulkan beberapa korban di kedua sisi. Dan juga sejumlah teroris tewas atau terluka dalam ledakan di sepanjang jalan menuju kota Darkoush dan desa Zerzour di barat Idlib. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: