Eropa

Perancis dan Inggris Teken Kerjasama Produksi Rudal

Rabu, 29 Maret 2017 – 12.48 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Perancis dan Inggris pada hari Selasa (28/03), sepakat menandatangani perjanjian kerjasama produksi rudal dengan organisasi “MPD” Eropa, dan menegaskan strategi hubungan antara kedua negara meskipun Inggris telah keluar dari Uni Eropa. (Baca: Penulis Inggris: Perancis dan Inggris Bertanggung Jawab Atas Penyebaran ISIS)

Penandatanganan perjanjian di London, di hadiri menteri pertahanan Inggris Harriet Baldwin dan Manajer umum persenjataan Perancis Laurent Cooley Pune. Penandatanganan ini bersifat dadakan pada malam saat aktivasi Pasal 50 Perjanjian Lisbon, yang akan meluncurkan secara resmi proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Proyek yang akan sama-sama didanai antara kedua negara adalah untuk produksi rudal anti-kapal atau dengan istilah lain, “rudal model baru untuk aksi bersama dalam rangka Perjanjian Lancaster House,” menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Biaya proyek diperkirakan mencapai 100 juta euro yang akan ditanggung oleh kedua negara bersangkutan. (Baca: Rudal Balistik Iran Mampu Mencapai Perancis, Italia, Spanyol, Jerman)

Baldwin mengatakan bahwa “hubungan kita dengan Perancis sangat kuat dan tahan lama serta kami memiliki sejarah kerja sama panjang di bidang pertahanan dan keamanan dengan sekutu Eropa.”

Dia melanjutkan, “Inggris berkomitmen penuh untuk menjaga keamanan Eropa, yang dibuktikan dengan anggaran pertahanan tertinggi di eropa, dan kami akan terus bekerja sama dalam rangka program pertahanan Eropa.”

Semenjak referendum brexit dari Uni Eropa, Paris dan London menekankan kesetiaan mereka pada hubungan strategis antara kedua negara dan menekankan bahwa tak akan ada pengaruh meskipun Inggris keluar dari Uni Eropa. (Baca: Rudal Rusia Terbaru “Satan 2” Yang Mampu Hancurkan Perancis)

Sementara itu, Laurent Collet Pune mengatakan “Hari ini, kami meluncurkan fase baru dalam kerangka dasar kerjasama bilateral kita”. (SFA)

Sumber: Raialyoum

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: