Headline News

Penyiar CNN Buat Panik Netanyahu: Apakah Israel Miliki Senjata Nuklir?

TEL AVIV – Penyiar CNN telah mengajukan pertanyaan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang mengejutkan, yakni tentang kepemilikan senjata nuklir Israel. Tanda-tanda kebingungan terlihat dari Netanyahu ketika penyiar mengejutkannya dengan sebuah pertanyaan dan memintanya untuk menjawab ya atau tidak, sperti dilansir Al Alam (02/05).

Baca: Kenapa Kesepakatan Nuklir Iran meresahkan Zionis-Israel dan Netanyahu?

“Apakah Anda memiliki senjata nuklir? Ya atau tidak?”.

Netanyahu terlhat mencoba untuk menghindari pertanyaan ini, tetapi penyiar mengulangi pertanyaan tersebut lebih dari sekali. Penyiar CNN mengatakan “seluruh dunia mengatakan Anda memiliki senjata nuklir dan Anda menyangkalnya, dan selama Anda memiliki senjata nuklir, mengapa Anda mendiskriminasikan Iran dengan nuklirnya?”.

Baca: Mogherini Semprot Israel Hanya IAEA yang Berhak Nilai Program Nuklir Iran

Netanyahu mengatakan “saya tidak dapat membicarakan hal ini, namun Anda dapat mengira-ngira sesuai kemauan Anda, dan Israel tidak menimbulkan ancaman bagi siapapun, tetapi Iran adalah ancaman bagi kawasan”.

Perdana Menteri Israel pada hari Senin (30/04) mengklaim telah menerima informasi yang berisi rincian proyek nuklir rahasia Iran yang disebut “Imad”. Dan Israel menuding Iran telah berbohong karena telah mengembangkan senjata berbahaya dan Netanyahu memberikan gambaran sebuah bangunan yang di dalamnya disimpan arsip nuklir rahasia Iran.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa sebelumnya pada tahun 2107 lalu, ramai disebutkan bahwa Israel memiliki bom nuklir. Hal ini juga pernah diungkap Federasi Ilmuwan Amerika dalam laporannya tahun 2014. Laporan itu menyebut Israel memiliki 80 hingga 400 bom nuklir, meski penulis laporan meyakini angka akuratnya mendekati 80 bom nuklir.

Baca: CIA Bahas Program Nuklir Iran dengan Israel

Adapun Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah membantah tuduhan Netanyahu terhadap Iran. Pihak IAEA mengatakan bahwa pihaknya tidak melihat adanya indikasi tentang adanya kegiatan terkait pengembangan bom nuklir di Iran.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan bahwa klaim Netanyahu tentang pengembangan senjata nuklir Iran tidak benar dan ditujukan untuk menipu masyarakat dan beberapa pemerintah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: