Eropa

Pengakuan Mengejutkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Senin, 26 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu, mengakui bahwa negaranya telah melatih “Tentara Pembebasan Suriah” dalam rangka menciptakan oposisi moderat, ia menambahkan bahwa pihak Ankara memang bertekad untuk membangun zona larangan terbang Suriah utara. (Baca: Konvoi Truk dari Turki Sarat Amunisi-Senjata Tampak Masuki Wilayah Teroris ISIS)

Erdogan mengatakan dalam pidato saat peresmian “makam martir Errol Ouczak oleh Yayasan Jaminan Sosial” di Istanbul, “beberapa orang menuduh tentara pembebasan Suriah sebagai organisasi teroris”, dan ini tidak benar itu adalah gerakan perlawanan, dan kami sedang bekerja untuk mendukung mereka dan melatih mereka”, Arabic.SputnikNews (24/12) melaporkan.

Erdogan menekankan tekadnya untuk maju dalam membangun zona aman di Suriah utara, dengan mengatakan “aku telah sampaikan kepada Rusia, AS dan Iran bahwa kami membangun zona aman di Suriah utara, dan kami akan membahasnya lebih lanjut dengan Presiden terpilih Donald Trump”. (Baca: Keluarga ISIS dari Turki Pulang Kampung ke Israel)

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa ISIS telah mengubah tujuannya di Suriah dan Irak, menurut Rissan Haddou salah satu anggota dewan demokratis Suriah sebelumnya mengatakan bahwa tentara Turki secara terang-terangan melakukan intervensi dengan mendukung ISIS di pedesaan utara Aleppo, dan desa yang menjadi target seperti; desa Ummu Husy, desa Ummul Qura’ dan desa Hasiah yang dikuasai kekuatan SDF.

Haddou mengatakan apa yang terjadi saat ini di medan tempur adalah kekuatan demokratis Suriah (SDF) meletakkan tanggung jawab dalam memerangi teroris ISIS sejak awal pertempuran. Selain itu, hal yang mengejutkan saat ini adalah ISIS dan tentara Turki serta faksi operasi “perisai Eufrat” yang dipimpin Turki berada dalam satu lorong yang sama. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: