Eropa

Pengakuan Mantan Teroris Tentang Kerjasama Jahat ISIS-Turki di Suriah

02 April 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Mantan anggota kelompok teroris ISIS yang dijuluki Abu Ayyub al-Ansari mengungkap adanya kerjasama penuh antara tentara sekaligus intelijen Turki dengan kelompok teroris ISIS di perbatasan Suriah.

Kantor berita RT menyiarkan liputan eksklusif dari sejumlah daerah yang telah berhasil dibebaskan dan mengungkapkan rahasia perdagangan minyak kelompok teroris ISIS, dikutip dari arabic.rt (31/03).

Mantan elemen ISIS itu bernama Ahmed dan berusia 19 tahun, ia mengatakan kepada kantor berita RT bahwa dulunya ia bertempur di jajaran kelompok teroris itu selama dua tahun, beberapa bulan diantaranya ia berada di daerah Tell Abyadh tidak jauh dari Turki, kelompok teroris itu memiliki sebuah markas di perbatasan Turki, “Saat itu kami melihat tentara Turki dan mereka juga melihat kami, namun seperti tidak ada masalah atau ada permusuhan, sebaliknya yang tampak adalah kerelaan bersama antara kelompok teroris itu dengan para tentara dan juga dengan para personil intelijen Turki”.

Ia menjelaskan bahwa “tentara Turki telah memberikan banyak bantuan kepada kami, kami melakukan kontak keamanan konstan dengan mereka dan dengan intelijen Turki karena adanya kepentingan bersama”.

Ia menambahkan bahwa pihak Turki juga memberikan makanan kaleng kepada para militan bersenjata ISIS dan sejumlah mesin pembuat senjata, barang-barang itu dijual para petugas Turki kepada para pemimpin kelompok dengan harga mahal.

Ia mencatat bahwa keuangan ISIS sangat bergantung pada minyak, “perdagangan minyak berlangsung dengan bantuan yang cukup besar dari pihak Turki, dimana mereka menawarkan banyak tanker untuk dapat mengangkut minyak secara besar-besaran”.

Abu Ayyub al-Ansari menegaskan bahwa kelompok teroris itu mengalami masalah yang signifikan dalam pendanaan dan pasokan setelah mengalami kekalahan di dua wilayah Tell Abyadh dan Suluk, oleh karenanya mereka berusaha untuk dapat merampas kembali kendali dua wilayah tersebut karena melihat begitu pentingnya kedua wilayah kaya minyak dan strategis itu baginya dan bagi Turki. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: