Fokus

Pengadilan Vonis Penulis Buku Fitnah “Jokowi Undercover” 3 Tahun Penjara

Senin, 29 Mei 2017 – 18.35 wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Akhirnya penulis buku ‘Jokowi Undercover’, Bambang Tri Mulyono, di vonis hukuman 3 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Blora, Jawa Tengah. Majelis hakim PN Blora menilai Bambang bersalah telah menyebarkan ujaran kebencian melalui media sosial, yaitu Facebook, dengan akun Bambang Tri. (Baca: Polri Buru Sponsor Buku Jokowi Undercover)

“Terdakwa dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang mengandung unsur pendiskriminasian suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) serta mengandung fitnah dengan mengaitkan terhadap kelompok masyarakat tertentu,” kata ketua majelis hakim Makmurin Kusumastuti di PN Blora, Jawa Tengah, Senin (29/5/2017), dikutip dari Detik.com

Seperti dilansir dari Detik, Bambang Tri Mulyono dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan terhadap Penguasa.

Sementara itu, Michael Bimo Putranto menjelaskan alasan dia melaporkan penulis ‘Jokowi Undercover’, Bambang Tri Mulyono kepada aparat hukum. Ia menilai isi buku tersebut mengandung fitnah dan berita bohong. (Baca: Doa Ibunda Jokowi Terkabulkan)

“Faktanya Saudara Bambang Tri tidak dapat membuktikan informasi yang ada di buku yang dia terbitkan tersebut di muka persidangan yang terhormat. Akhirnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa buku ‘Jokowi Undercover’ tersebut isinya tidak lebih dari fitnah dan berita bohong,” kata Michael Bimo. (SFA)

Sumber: Detik NEws

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: