Headline News

Pengacara Swiss Wakili Qatar untuk Tuntut Blokade Saudi Cs

Kamis, 29 Juni 2017 – 07.47 Wib,

SALAFYNEWS.COM, QATAR – Sebuah kelompok hak asasi manusia (HAM) di Qatar telah mengumumkan bahwa mereka akan menyewa pengacara dari Swiss untuk mengajukan tuntutan atas blokade yang dilakukan oleh negara-negara Teluk Persia. (Baca: Tuntutan Tak Masuk Akal Saudi, Mesir, Bahrain dan UEA kepada Qatar)

Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Qatar mengatakan pada hari Rabu bahwa para pengacara tersebut akan dipekerjakan untuk melakukan tindakan hukum terhadap Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain atas tindakan mereka untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang secara efektif menempatkan negara tersebut di bawah blokade udara, laut dan udara.

“Kami akan berkoordinasi untuk memulai tindakan hukum dengan mereka yang mengenakan sanksi ini,” kata ketua kelompok hak asasi manusia Qatar, Ali bin Smaikh al-Marri, dan menambahkan, “Ketiga negara bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi kepada orang-orang yang terkena dampak dari pemblokadean ini”. (Baca: Qatar: Blokade Saudi Cs Lebih Buruk dari Tembok Berlin)

Marri mengatakan banyak orang-orang Qatar, termasuk mereka yang memiliki properti dan bisnis di tiga negara atau memiliki keluarga dan orang tua dari Qatar, mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi tersebut. (Baca: Warga Yordania Marah, Putuskan Hubungan dengan Qatar Bukan Israel)

“Beberapa kasus akan diajukan ke pengadilan di tiga negara tersebut dan di beberapa pengadilan yang memiliki yurisdiksi internasional, seperti di Eropa, terkait dengan kompensasi,” katanya, tanpa menjelaskan di mana firma hukum Swiss dipekerjakan untuk menangani kasus tersebut. Marri juga mengatakan sebuah pernyataan akan dirilis dalam waktu dekat untuk menjelaskan keputusan tersebut. (SFA)

Sumber: Aljazeera

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: