Amerika

Penasihat Keamanan Nasional AS Kunjungi Ankara di Tengah Ketegangan AS-Turki

Senin, 12 Februari 2018 – 08.55 Wib,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) H.R. McMaster bertemu dengan juru bicara presiden Turki Ibrahim Kalın di Istanbul di tengah ketegangan antara kedua negara setelah serangan Ankara di Suriah.

Baca: Geger Amerika dan Turki di Perbatasan Suriah

Sumber kepresidenan Turki yang tidak disebutkan namanya pada awalnya melontarkan berita tersebut ke Harian Sabah pro-pemerintah pada hari Minggu, yang diikuti oleh sebuah pernyataan dari Gedung Putih.

“Prioritas dan kepekaan kedua negara, AS dan Turki dibahas, selain hubungan keseluruhan, tantangan strategis dan perkembangan regional secara umum,” tulis harian tersebut dalam laporannya.

Bulan lalu, Turki melancarkan serangan yang diberi nama “Olive Branch” melawan pasukan Kurdi di Afrin, sebuah wilayah di Suriah utara, yang menghadapi kritik Washington. Presiden Turki Erdogan mengatakan Ankara akan melancarkan operasi terhadap militan Kurdi di kota Manbij.

“Turki adalah sekutu dan kami akan bekerjasama dengan mereka, namun saat ini ada gangguan dan kami harus fokus sebagai sekutu dalam misi yang sedang dihadapi dan itu mengalahkan ISIS (Daesh),” juru bicara Pentagon Dana White mengatakan pada waktu itu.

Baca: Konflik Tak Jelas Antara Kurdi dan AS Lawan Turki di Afrin Suriah

Pertemuan terakhir oleh Letnan Jenderal McMaster disadap sebagai upaya untuk menenangkan ketegangan antara Washington dan Ankara, yang memiliki “kemitraan strategis jangka panjang,” menurut pernyataan Gedung Putih.

“Mereka juga bertukar pandangan mengenai hubungan Amerika-Turki sebagai sekutu yang sudah berlangsung lama, tantangan strategis bersama, dan perkembangan regional. Saat membahas isu-isu ini, mereka membahas isu-isu yang mempengaruhi hubungan bilateral secara rinci dan mengeksplorasi cara untuk memperluas perjuangan bersama melawan semua bentuk terorisme,” bunyi pernyataan itu. Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson juga diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Turki pekan depan. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: