Eropa

Pemerintah Turki Umumkan Berakhirnya Operasi Perisai Efrat di Suriah

Kamis, 30 Maret 2017 – 08.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Dewan Keamanan Nasional Turki mengumumkan akhir dari kampanye militer ‘Perisai Efrat’ di Suriah utara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri pertemuan Dewan Keamanan Nasional Turki yang memutuskan hal tersebut. (Baca: PERDANA! Pesawat Suriah Hajar Perisai Efrat yang Didukung Turki)

“Telah dicatat bahwa Operasi Perisai Efrat yang dimulai dengan tujuan untuk menjamin keamanan nasional, mencegah ancaman dari Daesh dan mengembalikan pengungsi Suriah ke rumah mereka telah berhasil diselesaikan”, demikian pernyataan Dewan Keamanan Nasional Turki sebagaimana dikutip Sputnik, Rabu (29/03).

Pada tanggal 24 Agustus, pasukan Turki, didukung  pemberontak Tentara Pembebasan Suriah dan pesawat koalisi yang dipimpin AS, memulai operasi militer yang dijuluki Eufrat Shield (Operasi Perisai Efrat) untuk membersihkan kota di perbatasan Suriah,  Jarabulus,  dan wilayah sekitarnya dari kelompok Daesh. (Baca: Koran Jerman: Operasi ‘Perisai Efrat’ Tidak Hanya Berbahaya Bagi Timur Tengah, Tapi Eropa)

Kampanye itu adalah serangan pertama Turki ke Suriah, bagaimanapun juga, pasukan Turki sebelumnya telah menyerang posisi Kurdi di Suriah di sisi perbatasan. Operasi ini sendiri telah banyak dikritik baik oleh Kurdi Suriah dan Damaskus, mereka menuduh Ankara telah melanggar integritas wilayah Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: