Internasional

Pemerintah Saudi Tangkap 19 Orang diduga Terkait dengan Bom di Madinah

Jum’at, 08 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Pemerintah Saudi mengatakan mereka telah menangkap 7 warga Saudi dan 12 warga Pakistan sehubungan dengan serangan bom di kota Madinah dan wilayah timur Qatif.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Kamis, yang mengidentifikasi pemboman Madinah, yang melakukan serangan di dekat Masjid al-Nabawi, situs paling suci kedua bagi umat Islam, adalah seorang pria warganegara Saudi yang teridentifikasi sebagai Na’ir al-Nujiaidi al-Balawi. (Baca: Serangan Bom Bunuh Diri di Area Masjid Nabawi Madinah, 2 Orang Tewas)

Pernyataan itu menambahkan bahwa Balawi memiliki “riwayat penggunaan narkoba”. Ia melintasi tempat parkir di samping Masjid al-Nabawi dan meledakkan sabuk peledak di dekat markas keamanan, sehingga menewaskan empat tentara.

“Ketika petugas keamanan mencegatnya, ia langsung meledakkan dirinya,” seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada al-Ikhbariya jaringan berita televisi yang dikelola negara.

Beberapa mobil habis terbakar, dan kepulan asap tebal hitam terlihat membubung dari lokasi kejadian.

Media lokal mengatakan penyerang merencanakan serangan dengan menargetkan situs suci Masjid al-Nabawi yang ramai pengunjung menjelang matahari terbenam pada hari terakhir dari bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menetapkan tiga pembom dibalik serangan di luar sebuah masjid di Qatif sebagai Abdulrahman Saleh Mohammed, Ibrahim Saleh Mohammed dan Abdelkarim al-Hesni. Tidak ada warga sipil atau polisi yang terluka dalam serangan itu.

Para pejabat Saudi mengklaim semua penyerangan dilakukan oleh pria berusia 20-an dan sebelumnya telah mengambil bagian dalam demonstrasi anti-rezim. (Baca: 10 Alasan Mengapa Kerajaan Saudi Wajib Ditentang)

Pada hari Selasa, pemerintah Saudi mengidentifikasi bomber lain, yang menargetkan konsulat AS di kota Jeddah pada hari sebelumnya, pelaku berusia 34 tahun asal Pakistan yang bernama Abdullah Qalzar Khan. Mereka mengatakan pria itu tinggal di Arab Saudi dengan istrinya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: