Fokus

Pemerintah Mesir Larang Siswa Asal Qatar Sekolah di Negaranya

Rabu, 20 September 2017 – 11.33 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MESIR – Pihak berwenang Mesir telah melarang siswa Qatar untuk menyelesaikan gelar universitas mereka dengan pelarangan memasuki negara tersebut.

Para pelajar mengatakan kepada Qatar Al-Sharq bahwa kampus-kampus Mesir telah mencegah mereka dari pengajuan permintaan penundaan untuk semester saat ini atau mendapatkan dokumen resmi yang membuktikan jam yang diperoleh untuk kursus akademis yang mereka pelajari di universitas. Sejumlah pelajar yang dilarang telah mengajukan keluhan ke Komisi Kompensasi universitas.

Baca: Tuntutan Tak Masuk Akal Saudi, Mesir, Bahrain dan UEA kepada Qatar

“Saya terkejut mendapati diri saya dilarang bepergian ke Mesir,” Hamad Al-Qahtani, seorang pelajar Qatar yang mempelajari hukum di Universitas Benha Mesir, ke surat kabar tersebut, menambahkan bahwa “Saya tidak dapat memperoleh visa Mesir untuk menyelesaikan gelar pendidikan tinggi saya”.

Al-Qahtani mencatat bahwa dia diberitahu tentang larangan bepergian oleh kementerian luar negeri Qatar. Dia menambahkan bahwa larangan itu juga dikenakan pada delapan temannya yang sedang belajar di universitas Benha dan Kairo.

Baca: Mesir Tak Punya Hak Larang Kapal Qatar Lewati Terusan Suez

Murid Qatar tersebut menunjukkan bahwa dia telah melapor ke Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir, namun mereka tidak menanggapinya.

Pada tanggal 5 Juni, Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar dan menuduhnya “mendukung terorisme.” Qatar membantah tuduhan tersebut, dengan mengklaim bahwa perselisihan tersebut merupakan serangan terhadap kedaulatannya.

Baca: Buntut Perseteruan dengan Saudi, Mesir Diserang Teror Oleh Qatar, Turki dan Ikhwanul Muslimin

Bulan lalu, pemerintah Mesir mengeluarkan instruksi ke surat kabar pro blokade untuk memboikot penyedia telekomunikasi Vodafone setelah cabang Qatar-nya telah mengubah namanya menjadi Tamim Al-Majd Company. Vodafone Mesir telah membantah keterlibatannya dalam keputusan tersebut. Dalam konteks yang sama, pihak berwenang Mesir baru saja membatalkan kontrak antara jaringan TV olahraga Qatari, BEN Sports, dan saluran satelit Mesir CNE. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: