Internasional

Pemenang Nobel; Pasca Kudeta, Turki Berubah Menjadi Rezim Teror

Senin, 12 September 2016

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Novelis Turki terkemuka dan penerima Nobel Prize dalam bidang sastra pada tahun 2006, Orhan Pamuk, mengkritik tindakan keras pemerintah pasca kudeta gagal pada 15 Juli lalu, dan memperingatkan bahwa Turki sedang menuju “rezim teror.”

“Di Turki, kita secara dramatis mengirim semua orang yang berjuang untuk kebebasan berekspresi dan mengkritik pemerintah ke dalam penjara,” kata Pamuk, seperti yang dikutip Anadolu pada hari Minggu.

Penulis 64 tahun berpendapat bahwa tindakan keras yang sedang berlangsung sedang mendorong “kebencian paling ganas,” dan menambahkan, “kebebasan berpikir tidak ada lagi. Kami menjauhkan diri dengan kecepatan tinggi dari negara hukum dan menuju rezim teror”.

Pamuk, yang dikenal sebagai seorang kritikus vokal Presiden Recep Tayyip Erdogan, juga menyerukan pembebasan segera semua intelektual yang ditahan dan pengadilan yang adil harus segera membebaskan mereka.

Pernyataan Pamuk datang sehari setelah pasukan Polisi Turki menangkap wartawan terkenal, Ahmet Altan, dan saudaranya, Mehmet Altan, sebagai bagian dari penyelidikan yang diduga berafiliasi dengan jaringan Gulen yang berbasis di AS.

Ahmet adalah seorang kolumnis Turki di harian Hurriyet dan Milliyet sebelum ia mendirikan harian Taraf liberal dan oposisi pada bulan November 2007.

Dia mundur redaksi Taraf pada 2012, dan telah menulis beberapa novel. Taraf ditutup di bawah keputusan hukum karena dugaan memiliki hubungan dengan gerakan Gulen.

Mehmet Altan, seorang ekonom akademik dan terkenal, adalah penulis beberapa buku tentang politik di Turki.

Surat kabar Hurriyet melaporkan bahwa Altan bersaudara itu sedang diselidiki atas komentar dalam sebuah talk show yang disiarkan di Can Erzincan TV, sebuah stasiun yang dikenal karena sikap kritis terhadap pemerintah, pada malam kudeta yang gagal. Surat kabar itu tidak memberikan informasi apapun tentang isi talkshow itu. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: