Fokus

Pejuang Yaman Gagalkan Pendaratan Laut Pasukan Saudi dan UEA di Hudaydah

Yemeni Ansarullah

YAMAN – Pejuang Ansarallah Yaman berhasil menggagalkan pendaratan laut oleh pasukan Saudi dan Emirat dekat kota pelabuhan Hudaydah, seperti dilansir PressTv (13/06).

“Koalisi Saudi belum berhasil mendobrak pertahanan Yaman di Hudaydah,” kata pejabat Houthi Dayfallah al-Shami dalam wawancara Rabu dengan televisi al-Mayadeen Lebanon. “Kami berhasil menggagalkan pendaratan laut pasukan Saudi dan Emirat dekat pelabuhan Hudaydah,” tambahnya.

Baca: Houthi Hajar Habis-habisan Pasukan UEA dan Saudi di Hudaydah

Sementara itu, kantor berita Emirat WAM mengumumkan bahwa empat tentara Emirat telah tewas di Yaman. Pasukan yang didukung oleh koalisi yang dipimpin Saudi pada hari Rabu meluncurkan serangan terhadap Hudaydah, yang bertujuan untuk mengambil kota yang telah dikendalikan oleh gerakan Houthi.

Koalisi pimpinan Saudi mengklaim bahwa gerakan Houthi Ansarullah menggunakan Hudaydah untuk pengiriman senjata, sebuah tuduhan yang ditolak oleh para pejuang.

Baca: UEA Minta Bantuan AS Rebut Pelabuhan Hudaydah Yaman

Serangan itu terjadi ketika kelompok-kelompok bantuan memperingatkan pada hari Rabu bahwa sekitar 300.000 anak menghadapi risiko kematian, cedera dan kelaparan ketika mereka terperangkap di Hudaydah, sebagai rute utama makanan untuk menjangkau sebagian besar warga Yaman, dan 8,4 juta di antaranya sudah berada di ambang kelaparan.

Sebelumnya pada hari itu, PBB menyatakan keprihatinan mendalam atas serangan oleh koalisi pimpinan Saudi di Hudaydah ketika kelompok-kelompok hak asasi memperingatkan tentang dampak bencana ofensif, yang dianggap sebagai pertempuran terbesar dari perang tiga tahun.

PBB sangat prihatin tentang serangan pimpinan Saudi di Hudaydah, Yaman.

“Saya sangat prihatin tentang eskalasi militer di #Hodeida & dampak kemanusiaan & politiknya,” utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, mengatakan dalam sebuah tweet setelah pasukan pimpinan Saudi melancarkan serangan terhadap pelabuhan utama itu.

Baca: Saudi Perintahkan Militan Kepung Pelabuhan Hudaydah Yaman

Jolien Veldwijk, direktur untuk badan amal CARE International, menyebut serangan itu sebagai “malapetaka, putus asa dan menghancurkan,” kelaparan yang semakin memburuk karena makanan akan menjadi lebih sulit ditemukan dan lebih mahal.

“Anak-anak paling rentan sehingga mereka akan mati terlebih dahulu … Orang tua harus membuat keputusan untuk memberi makan anak-anak mereka atau mengobati mereka,” Veldwijk menambahkan. (SFA)

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: UEA Otak Penyulut Konflik di Afrika Utara | SALAFY NEWS

  2. Pingback: WHO, Operasikan Pelabuhan Hudaydah di Yaman | SALAFY NEWS

  3. Pingback: PBB: Ribuan Keluarga Mengungsi di Hudaydah | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: